Persiapan Umroh Pertama Kali


Waktu lebih dari 7 hari di luar negeri mungkin bukan waktu yang singkat. Oleh karena itu diperlukan berbagai persiapan yang harus dipersiapkan dengan cermat. Termasuk dalam kasus Umrah. Di Tanah Suci, Anda setidaknya akan melalui proses perjalanan dan ziarah tercepat selama 9 hari.

Bagi Anda yang pertama kali melaksanakan ibadah umroh, berikut ini adalah beberapa hal penting berupa tips persiapan umroh pertama kali yang perlu diketahui.

Waktu
Perhatikan waktu yang akan Anda pilih untuk perjalanan Umrah ini. Karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Ada yang tidak terlalu kuat dengan kondisi dingin, dan ada juga yang sebaliknya.

Kalau mau musim yang agak cocok buat orang Indonesia, coba memilih antara akhir Februari dan awal April. Selama bulan-bulan ini di Arab Saudi sedang musim pancaroba, dari musim dingin ke panas. Jadi tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas.

Biro perjalanan
Memilih agen perjalanan sangat penting dalam persiapan umroh, karena sekarang ada begitu banyak  paket umrah murah, tetapi hasilnya banyak yang gagal berangkat. Pilih agen perjalanan yang kredibel atau berdasarkan pengalaman orang dekat atau keluarga. Tanya ke berbagai sumber. Jangan lupa istikaroh untuk mendapatkan bimbingan dari Allah.

Persiapan diri
Salah satu hal terpenting dalam mempersiapkan umrah adalah persiapan kita sendiri. Perjalanan umrah membutuhkan mental, energi, dan juga kondisi fisik yang baik. Persiapkan diri kita untuk semua itu.

Olahraga kecil seperti jogging setiap pagi sebulan sebelum berangkat sangat membantu, karena banyak kegiatan yang akan kita ikuti dalam rangkaian umroh ini. Jadi kondisi tubuh harus mantap. Jangan lupa tidur tepat waktu, agar kondisi tubuh terjaga.

Ilmu Agama dan mental
Mental tampaknya menjadi faktor terpenting kedua setelah pengetahuan agama. Karena Anda akan meninggalkan keluarga Anda dan juga pekerjaan untuk melakukan ibadah. Hal ini tidak akan dilakukan, semata-mata hanya untuk berharap mellihat Dzat Allah nanti di surga.

Sementara pengetahuan agama diperlukan jika nanti biro perjalanan umrah Anda memiliki muthowif yang tidak sesuai dengan pedoman sunnah. Inilah yang juga mesti diperhatikan, di mana travel umroh yang Anda ikuti sebaiknya satu madzhab dengan madzhab kita, sehingga ibadah ita menjadi nyaman.

Persiapan Umroh Pertama Kali

Dengan ilmu agama kita akan tahu mana yang harus dikerjakan dan mana yang tidak boleh dikerjakan. Misalnya yang mesti dikerjakan :
- Mandi besar
- Minum air zam-zam
- Mencukur rambut

Yang harus dihindari :
- Mengambil rambut
- Menggunakan wewangian
- Memotong kuku
- Berburu binatang

Bagasi
Cobalah untuk membuat daftar barang bawaan sebelum berkemas. Jadi saat kita berkemas,, cek barang yang sudah masuk koper. Dengan ini, kita tidak khawatir ketinggalan barang-barang.

Tips penting lainnya, jangan penuhi koper Anda, karena ketika kembali dari Umrah, pasti ada banyak barang-barang tambahan untuk hadiah keluarga di tanah air. Ini penting karena ruang bagasi pesawat kita terbatas.

Obat-obatan pribadi dan multivitamin juga sangat direkomendasikan dibawa untuk menjaga kondisi tubuh di sana, karena perbedaan kelembaban kadang membuat kita juga jatuh sakit.

Bagasi Kabin
Bawa barang-barang yang Anda butuhkan di dalam kabin. Seperti seperangkat pakaian ganti, sajadah, perlengkapan mandi, kamera, obat-obatan pribadi dan beberapa barang pribadi lainnya di dalam tas kabin.

Bawa uang secukupnya
Tidak perlu membawa uang berlebihan, karena di sana kita juga bisa menarik uang dari ATM, walaupun dikenakan biaya agak mahal, sekitar 25 ribuan. Nilai tukar rupih di sana biasanya tidak jauh berbeda dari money changer di Indonesia, bahkan terkadang lebih baik d Arab.

Tulus
Setelah semuanya siap, sekarang hanya tulus dan ikhlas saja sambil berdoa. Semoga perjalanan ibadah bisa berjalan dengan lancar. Sungguh, ketika kita tulus, semuanya akan dilancarkan.

Artikel yang terkait dengan persiapan umroh pertama kali
- persiapan umroh 9 hari untuk wanita
- pengalaman umroh 2019
- tips pertama kali umroh
- persiapan doa untuk umroh
- perlengkapan umroh wanita yg harus dibawa
- perlengkapan umroh 15 hari
- list perlengkapan umroh

 
















Tag : persiapan umroh
Back To Top