Perlengkapan Umroh untuk Pria


Saatnya telah tiba bagi kita untuk mempersiapkan apa saja perlengkapan umroh untuk pria atau laki-laki yang ingin kita bawa selama ziarah umroh. Ada tips khusus bagi Anda yang ingin melakukan ziarah agar tidak kelebihan beban.

Kiat-kiat berikut dapat Anda gunakan untuk merencanakan persediaan Umrah apa yang harus Anda bawa ketika Anda berangkat ke Umrah.

Perhatikan Musim yang Terjadi di Jadwal Umrah Anda
Apakah musim dingin atau musim panas? Dengan mengetahui jenis musim, Anda dapat menghindari membawa peralatan umrah yang seharusnya tidak perlu dibawa sehingga dapat menyebabkan barang bawaan Anda penuh bahkan kelebihan beban sehingga Anda harus membayar biaya kelebihan.

Jangan sampai Anda membawa jaket tebal di musim panas, atau sebaliknya, Anda tidak membawa jaket di musim dingin. Juga menyediakan ruang untuk suvenir yang ingin Anda bawa pulang untuk keluarga Anda di rumah. Juga perhatikan durasi ziarah Anda, apakah 9 hari, atau 12 hari, atau lebih.

Kelompokkan Jenis-Jenis Peralatan Umrah yang Dibawa
Merupakan ide bagus untuk mengelompokkan barang-barang Anda sesuai dengan kegunaannya, apakah akan digunakan selama perjalanan dari Indonesia ke Jeddah (di pesawat dan ketika memasuki area imigrasi untuk diperiksa), apakah barang-barang itu hanya digunakan ketika tiba di tanah suci dan lainnya.

Tiga kelompok perlengkapan Umrah berikut dapat membantu Anda mengatur barang-barang Anda:

Perlengkapan umrah yang segera Anda gunakan atau bawa

Sepatu/Sandal
Sepatu atau sandal yang cukup nyaman untuk digunakan, yang Anda gunakan saat meninggalkan atau kembali ke / dari Tanah Suci

Tas Pinggang atau Tas Selempang
Selama ziarah, Anda masih perlu menjaga keamanan barang-barang Anda dan peralatan Umrah lainnya. Tas pinggang dapat digunakan untuk menyimpan paspor, dompet, uang, ponsel dan kamera jika Anda ingin membawanya.

Bawalah notepad dan pulpen kecil untuk mencatat nama hotel dan nomor kamar tempat Anda menginap, nomor telepon teman sekamar Anda jika tersedia, nomor telepon hotel atau penanggung jawab agensi perjalanan yang dapat Anda hubungi dalam keadaan darurat, atau jika Anda memiliki janji untuk bertemu dengan grup pada waktu luang.

Tas pinggang Anda masih dapat digunakan bahkan ketika Anda sedang berdoa sehingga cukup aman untuk menempatkan barang-barang penting seperti ponsel dan dompet Anda. Agar tidak menarik perhatian, simpan tas pinggang Anda di belakang kain ihram atau mukena yang Anda kenakan.

Gadget atau Ponsel
Untuk mencegah biaya telepon Anda melompat, gunakan kartu GSM dari operator yang menawarkan Tarif Roaming Internasional Umroh. Tarif roaming dibagi menjadi dua tarif yaitu Roaming Telepon dan Roaming Data.

Roaming Telepon adalah tarif yang dikenakan kepada Anda untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan termasuk mengirim pesan SMS. Sedangkan Roaming Data adalah tarif yang harus Anda bayar untuk membuat koneksi internet melalui browser telepon atau mengakses data untuk pengguna smartphone seperti Blackberry dan Tablet.

Anda tidak perlu mengaktifkan fitur Roaming Data jika tidak diperlukan karena bagaimanapun perjalanan Anda adalah perjalanan religius yang tidak perlu diumumkan di media sosial. Jika perlu dengan maksud untuk memotivasi keluarga atau kerabat Anda, Anda harus melakukannya ketika Anda telah kembali ke negara itu.

Jangan lupa membawa charger dan colokan listrik karena bentuk soket di Arab Saudi agak berbeda dengan soket di negara kita.

Perlengkapan Umroh untuk Pria

Peralatan umrah yang harus dimasukkan dalam bagasi dan hanya dibutuhkan saat tiba di Tanah Suci 

Ihram kain 1 set
Dapat juga membawa 1 cadangan sebagai persiapan jika yang lainnya tidak bersih atau kotor.

Tas Plastik
Untuk Menyimpan Sandal di Masjid. Meskipun ada rak di dalam masjid, jumlahnya terbatas, jadi sebaiknya simpan sendiri persediaan umroh Anda, seperti sandal Anda, di dalam kantong plastik  sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya. Anda juga dapat menyimpannya di dekat  menghindari jika Anda lupa rak mana yang Anda pakai.

Sandal
Anda dapat memilih sandal Anda sendiri selama Anda merasa nyaman. Hindari jenis sandal yang menutupi pergelangan kaki. Pada saat tawaf dan sa'i, Anda tidak diperbolehkan memakai sandal.

Sabuk Haji plus Dompet
Dapat digunakan untuk menyimpan uang dan mengikat kain ihram. Jika Anda tidak memiliki sabuk haji, Anda dapat menggantinya dengan tas pinggang.
Kacamata hitam
Jika perlu, hindari sinar matahari yang menyilaukan di siang hari.

Baju Koko/Kemeja
Warna putih disarankan untuk dipakai saat pergi ke masjid. Bawa secukupnya sesuai dengan jumlah hari yang Anda kunjungi.

Celana Kain
Kain lebih bagus daripada jeans karena ketebalannya, kecuali selama musim dingin di Tanah Suci atau Anda mengambil paket Umrah plus Turki di musim dingin. Selain itu, cuaca di tanah suci cenderung panas sehingga mengenakan celana kain katun tentu lebih nyaman, namun, perhatikan musim dan cuaca selama jadwal umroh Anda sehingga Anda dapat memutuskan apakah akan membawa celana jeans atau tidak.

Bawa secukupnya sesuai dengan jumlah hari jadwal umrah Anda. Jika hanya 9 atau 12 hari, cukup bawa 2 atau 3 potong celana. Atau sesuai dengan kebiasaan dan kenyamanan Anda.

Pakaian Tidur
Sekalipun Anda bebas membawa pakaian tidur apa pun seperti celana pendek dan kaus, pertimbangkan juga siapa yang menginap di kamar hotel. Apakah Anda berdua, tiga, atau empat. Juga apakah dalam satu ruangan semuanya adalah keluarga Anda sendiri atau dengan keluarga lain.

Jangan biarkan mereka dan Anda tidak nyaman karena pakaian tidur yang dibawa tidak enak dipandang. Meski pakaian untuk tidur, tetapi harus tetap rapi, bersih, dan nyaman, seperti perlengkapan umrah lainnya.

Sarung
Jika perlu, karena itu juga berfungsi sebagai selimut.

Pakaian dalam
Cukup sesuai dengan jumlah hari ziarah Anda.

Pelembab Kulit
Baik untuk wajah atau tubuh, untuk menghindari kulit kering. Anda juga dapat membawa tabir surya jika jadwal keberangkatan Anda di musim panas.

Jaket
Jika Anda umroh di musim dingin.

Kemeja 
Jika Anda umroh di musim panas.

Sajadah Tipis
Karena seluruh area masjid telah dilengkapi dengan sajadah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sajadah tipis sebagai pelindung kepala saat matahari bersinar terik atau cuaca panas.

Kaus kaki tebal
Jika Anda tidak tahan dengan suhu dingin AC, Anda bisa membawa kaus kaki yang bisa Anda pakai saat berada di masjid atau saat tidur di hotel. Simpan dengan rapi bersama perlengkapan Umrah lainnya.

Kamera
Jika ponsel cerdas Anda memiliki resolusi kamera yang cukup bagus, Anda tidak perlu membawa kamera saku, cukup bawa memori cadangan untuk mengantisipasi kartu memori yang dipasang di ponsel cerdas Anda memiliki kapasitas penuh, sementara Anda tidak dapat memindahkannya. Tetapi jika tidak, bawalah kamera saku dengan baterai cadangan.

Obat
Anda juga perlu membawa obat-obatan pribadi untuk penyakit ringan seperti obat batuk, pilek, sakit perut, atau diare, balsem, minyak kayu putih dan lainnya. Kemas dengan rapi dan mudah untuk dibawa dalam tas umroh Anda.

Masker 
Anda juga dapat membawa masker untuk menghindari debu atau jika Anda masuk angin agar tidak menginfeksi pada orang lain.

Demikianlah list perlengkapan umroh yg harus dibawa untuk pria. Tema lain yang sering dicari adalah :
- perlengkapan umroh pria 10 hari
- list perlengkapan umroh wanita yg harus dibawa
- perlengkapan umroh 15 hari
- perlengkapan umroh dari travel
- perlengkapan umroh wanita musim dingin

 
















Back To Top