Persiapan Umroh Untuk Wanita


Sebelum menguraikan lebih jauh, tidak ada salahnya kita terlebih dahulu memahami gambaran umrah yang akan kita jalani saat berada di Baitullah. Dengan memahami gambaran kegiatan umroh, maka kita akan lebih nyaman mengemas barang-barang yang paling kita butuhkan. Terutama bagi wanita yang sering repot dengan barang bawaan, maka bagaimana melakukan persiapan umroh untuk wanita, mutlak diketahui.

Berikut adalah beberapa tips dalam mempersiapkan umroh untuk wanita:

Bawa Pakaian Ihram dan Cadangannya
Pakaian Ihram menjadi poin pertama yang perlu diperhatikan. Karena pakaian ini harus dibawa, jadi persiapkan 2 atau 3 set pakaian ihram ini karena pakaian ihram mendapatkan porsi besar di sepanjang Umrah, terutama mereka yang melaksanakan umrah lebih dari 9 hari.

Putih adalah warna Ihram yang disarankan, meskipun warna lain mungkin sepanjang pakaian itu cocok untuk syar'i, menutup, aurat dan tidak terlihat lekuk tubuh.

Beli Pakaian Ihram Disini

Pilih pakaian sehari-hari yang nyaman
Perbedaan iklim antara Indonesia dan Mekah harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih pakaian. Iklim Mekah jauh lebih ekstrem, sehingga bisa sangat panas dan bisa sangat dingin.

Jadi, akan jauh lebih nyaman jika Anda mempersiapkan:
- Pakaian katun saat Mekah memasuki musim panas
- Jaket saat Mekah masuk musim dingin
- Lima sampai enam gamis atau abaya

Di musim dingin di kota Mekah, jaket, sepatu dan kaos kaki, tentu saja harus dibawa dan menjadi perlengkapan wajib saat melakukan ibadah umroh. Untuk sepatu, bawa sepatu yang mudah digunakan yaitu tanpa jenis tali atau slop.

Pakaian tidur harus nyaman dipakai dan tentu saja sopan. Bisa juga sambil mengenakan celana panjang agar lebih aman.

Jadi persiapkan saja secukupnya tidak perlu dibawa berlebihan, karena tentu saja akan menyebabkan barang bawaan menjadi berat. Pakaian ini tentu bisa digunakan setelah menyelesaikan kegiatan ibadah.

Siapkan kerudung yang praktis dan sederhana
Aktivitas padat yang biasanya selama 9 hari, mengharuskan Anda memilih kerudung yang mempersingkat waktu ketika mengenakannya. Dengan menyiapkan kerudung yang praktis dan sederhana, Anda akan lebih tenang melalui serangkaian ibadah.

Siapkan lima hingga enam kerudung yang menutupi dada. Untuk dalaman kerudung, bisa disesuaikan saja. Pilih pakaian yang nyaman, karena perbedaan iklim antara Indonesia dan Mekah bisa sangat ekstrem jika tidak disiapkan.

Persiapan Umroh Untuk Wanita

Tetap segar bahkan tanpa makeup
Jika pernah mendengar larangan untuk membawa make up, arti sebenarnya adalah upaya untuk menahan diri. Sejalan dengan tujuan meningkatkan kualitas diri Anda, tentu saja hal ini adalah ujian awal yang harus kita lewati.

Tanpa make up pun, Anda masih diperbolehkan merawat diri sendiri agar tetap segar saat beribadah. Jadi, siapkanlah :
- Pelembab
- Tabir surya
- Sunblock
- Pelembab bibir
- Pencuci muka non-alkohol
- Serum anti penuaan
- Antiseptik/analgesik/antipiretik

Fokus ke tujuan utama
Kita umroh, tujjuan utamanya bukan untuk selfie atau berburu suvenir. Ingatlah bahwa tujuan utama Anda ke Baitullah adalah untuk memperdalam kualitas diri Anda melalui serangkaian ibadah. Jadi, pastikan juga peralatan ibadah Anda tidak tertinggal, termasuk:
- Buku doa
- Buku yasiin
- Al-Qura an
- Mukena dan sajadah tipis agar mudah dikemas dalam tas
- Botol untuk menyimpan air Zam Zam

Jaga kondisi tubuh
Kelelahan dalam perjalanan ibadah Anda sudah bisa mengukur daya tahan tubuh Anda. Selain vitamin, Anda juga perlu mengonsumsi air zam zam secara teratur. Siapkan juga vitamin dan makanan ringan untuk mengantisipasi mobilitas dari hotel ke masjid yang cukup jauh.

Perhatikan pemisahan isi tas
Inilah yang benar-benar perlu kita ikuti, yaitu untuk menghindari kesalahan penempatan dan menyortir isi tas dengan membaginya menjadi 3 tas yaitu :
  • Tas kecil, berisi surat identitas, paspor, dompet, ponsel, kamera, dan sandal jepit.
  • Tas tenteng, berisi satu kain ihram dan pakaian dalam; sarung tangan untuk shalat di pesawat; sepasang kaus kaki; obat-obatan dan vitamin pribadi; tisue basah dan kering; serta plastik.
  • Tas besar, yang bisa Anda simpan di bagasi pesawat, harus berisi 2 hingga 3 potong pakaian tidur; 1 jaket; perlengkapan mandi (sabun cair, sampo, sikat, dan pasta gigi); peralatan perawatan tubuh (pelembab wajah, pembersih, lip balm, bedak, pelembab tubuh, dan semprotan wajah); handuk; 1 pak pantyliner; kacamata hitam atau bening; dan alat tajam (gunting kuku).

Dengan mempersiapkan hal-hal ini, tentunya kita akan lebih siap secara mental dan fisik sehingga membantu ibadah lebih khusyu selama di Baitullah.

Sumber :

 
















Back To Top