Perlengkapan Umroh Wanita 12 Hari


Perlengkapan umroh wanita 12 hari harus dipersiapkan sebaik mungkin sehingga tidak ada barang tertinggal. Selama berziarah ke Mekah, maka harus dipersiapkan semua kebutuhan yang diperlukan. Alasannya Anda harus menyiapkan peralatan umroh, karena waktu untuk berada di sana cukup lama, sekitar 12 hari.

Mengingat cuaca di kota Mekah sangat berbeda dengan kondisi cuaca di rumah, Anda harus menyiapkan perlengkapan umrah dengan tepat. Tahukah Anda bahwa cuaca di kota Mekah tidak menentu. Bisa sangat panas dan bisa menjadi dingin. Hal ini sangat berpengaruh pada fisik Anda, jadi bawalah semua persediaan umrah Anda.

Banyak yang bertanya tentang apa saja perlengkapan untuk umroh wanita ? Memang peralatan harus disiapkan agar tidak ada yang tertinggal. Apalagi jika itu adalah perlengkapan umroah wanita, pasti ada lebih banyak barang daripada pria. Katakan saja Anda akan melakukan perjalanan ziarah umroh selama 12 hari, maka persediaan umroh untuk wanita dapat dilihat sebagai berikut.

Pakaian Syar'i 
Saat di sana, wanita diwajibkan menggunakan pakaian Syar'i. Biasanya pakaian syari'i yang digunakan untuk ibadah sehari-hari ada yang disebut pakaian non-ihram. Pakaian ini bisa digunakan untuk melakukan aktivitas ibadah di sana.

Prioritaskan membawa pakaian seperti jenis gamis dan pastikan pakaian yang dibawa tidak ketat. Jumlah pakaian yang dibawa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda berada di sana selama 12 hari, bisa membawa pakaian non-ihram sebanyak 6 set. Mengapa hanya 6, karena nanti Anda bisa mencucinya menggunakan layanan binatu hotel.

Pakaian Ihram 
Peralatan umroh berikutnya adalah pakaian ihram. Pakaian ini sangat penting dan jangan sampai ketinggalan. Kriteria yang direkomendasikan untuk pakaian ihram adalah menutupi aurat, tidak ketat dan lebih tertutup.

Warna pakaian Ihram sebenarnya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda, karena tidak ada larangan untuk menggunakan pakaian Ihram warna apa pun. Jika Anda ragu, bawa saja pakaian ihram putih.

Bawa tidak hanya satu ihram, karena Anda berada di Mekah untuk waktu yang cukup lama. Cobalah membawa dua hingga empat set pakaian ihram cadangan. Tujuan membawa lebih banyak pakaian ihram, agar Anda dapat menggunakannya jika pakaian ihram yang telah dikenakan sudah kotor.

Perlengkapan Umroh Wanita 12 Hari

Persediaan obat-obatan
Pasokan obat-obatan ketika umroh sangat dibutuhkan terutama harus membawa obat yang dibutuhkan oleh Anda. Obat yang dapat Anda konsumsi adalah vitamin, obat flu, sakit maag, obat pusing, anti mabuk, obat diare, dan banyak lagi lainnya. Jika Anda memiliki penyakit dan harus minum obat tertentu, jangan lupa untuk membawanya.

Pembalut dan pantyliner
Membawa pembalut wanita dan pantyline bagi wanita yang melakukan umrah itu sangatlah penting. Anda dapat menggunakan pantyliner setiap kali Anda melakukan kegiatan keagamaan sehingga Anda tidak khawatir ketika kedatangan tamu bulanan.

Masker dan kacamata
Anda juga harus menyiapkan kacamata umroh dan masker. Bukan untuk bergaya, tetapi kacamata dan masker harus digunakan saat beribadah di luar. Pada saat ziarah di kota Mekah, dilakukan dari pagi hingga siang hari. Udara siang hari sangat panas dan ada banyak debu di sana.

Bayangkan saja jika Anda tidak menggunakan masker dan kacamata saat Anda berada di sana. Tentunya mata bisa kemasukan debu. Masker juga dapat melindungi sistem pernapasan Anda dari kotoran yang tertiup angin.

Pakaian Dalam
Salah satu perlengkapan umroh yang penting adalah pakaian dalam. Anda harus mengganti celana dalam setiap hari, sehingga Anda bisa membawa 12 set celana dalam.

Kaus kaki dan jaket
Kaus kaki selalu digunakan untuk melindungi tubuh bagian bawah sehingga Anda dapat menutupi aurat sepenuhnya. Kaus kaki juga berguna untuk melindungi Anda dari dinginnya malam ketika melakukan ibadah di masjid. Jangan lupa juga harus membawa jaket. Gunakan jaket jika merasa dingin, agar tubuh tetap hangat.

Make Up
Dalam melakukan ziarah, Anda diizinkan menggunakan riasan tetapi alami. Anda bisa membawa alat rias yang sering digunakan sehari-hari. Di sana udaranya sangat kering sehingga Anda harus membawa hand body, pelembab, dan botol semprot berisi air.

Baju tidur
Membawa pakaian tidur juga sangat penting, karena pakaian ini dapat membuat tubuh Anda nyaman saat beristirahat. Harap dicatat bahwa Anda dapat membawa baju tidur lengan panjang atau daster.

Itulah list perlengkapan umroh wanita 12 hari yang tentunya lebih banyak daripada list perlengkapan umroh wanita 9 hari. Perlengkapan di atas adalah perlengkapan secara umum saja, soalnya ada tambahan lainnya tergantung musim. Perlengkapan umroh wanita musim dingin tentu saja akan berbeda dengan perlengkapan umroh wanita musim panas, sehingga nantinya akan berbeda dalam cara packing umroh wanita.

Artikel lainnya yang banyak dicari adalah seputar :
- perlengkapan umroh pria 10 hari
- persiapan umroh pertama kali
- perlengkapan umroh 15 hari

 
















Back To Top