Doa Selamat Pergi Haji


Apakah ada doa selamat pergi haji yang khusus ? Dalam hal ini, tentu saja kita harus mengacu pada dalil. Pergi haji adalah sama dengan bentuk-bentuk safari lainnya. Jadi yang lebih tepat dalam masalah ini adalah membacakan doa ketika bersafari. Inilah doa yang bisa dipraktikkan.

Doa orang yang ingin pergi berziarah ke orang yang ditinggalkan

أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ

Astawdi’ukallooha
Aku menitipkan kalian pada Allah

 الَّذِى لاَ تَضِيعُ وَدَائِعُهُ

alladzi laa tadhii’u wa daa-i’uhu
yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya

Argumennya adalah :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ وَدَّعَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ  أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ الَّذِى لاَ تَضِيعُ وَدَائِعُهُ 

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pergi meninggalkanku dan beliau mengucapkan, “Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya” 
(HR. Ibnu Majah no. 2825,Ahmad 2: 358)

Doa orang ditinggalkan kepada orang yang akan pergi berziarah

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ

Astawdi’ullooha diinaka, wa  amaanataka
Aku menitipkan agamamu, amanahmu,

 وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

 wa khowaatiima ‘amalik 
 dan perbuatan terakhirmu kepada Allah

Doa Selamat Pergi Haji

Argumennya adalah :

أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَقُولُ لِلرَّجُلِ إِذَا أَرَادَ سَفَرًا ادْنُ مِنِّى أُوَدِّعْكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُوَدِّعُنَا.فَيَقُولُ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ 

Sesungguhnya Ibnu ‘Umar pernah mengatakan pada seseorang yang hendak bersafar, “Mendekatlah padaku, aku akan menitipkan engkau sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menitipkan kami, lalu beliau berkata: “Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah”.
(HR. Tirmidzi no. 3443, Ahmad 2: 7)


Demikian juga Anda dapat membaca doa pada orang-orang yang pergi ke haji dengan doa ini

زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى

Zawwadakalloohut taqwaa
Semoga Allah membekalimu dengan takwa,

 وَغَفَرَ ذَنْبَكَ

wa ghofaro dzanbaka
mengampuni dosa-dosamu,

  وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

wa yassaro lakal khoiro haytsumaa kunta 
  dan memudahkanmu di mana saja engkau berada

Argumennya adalah :

عَنْ أَنَسٍ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّى أُرِيدُ سَفَرًا فَزَوِّدْنِى. قَالَ « زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى ». قَالَ زِدْنِى. قَالَ « وَغَفَرَ ذَنْبَكَ ». قَالَ زِدْنِى بِأَبِى أَنْتَ وَأُمِّى. قَالَ « وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ 

Dari Anas, ia berkata, “Seseorang pernah mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata pada beliau, “Wahai Rasulullah, aku ingin bersafar, bekalilah aku.” Beliau bersabda, “Zawwadakallahut taqwa.” “Tambahkan lagi padaku”, mintanya. Beliau bersabda, “Wa ghofaro dzanbaka.” “Tambahkan lagi padaku, demi ayah dan ibuku”, mintanya. Beliau bersabda, “Wa yassaro lakal khoiro haytsuma kunta.”  
(HR. Tirmidzi no. 3444)

Itulah beberapa contoh ucapan doa melepas orang pergi haji atau doa untuk orang memberangkatkan naik haji yang mungkin dibaca pada saat walimatussafar haji sebelum pemberangkatan haji agar mendapat haji mabrur.

Sumber :
https://rumaysho.com/3639-do-a-untuk-orang-yang-hendak-pergi-haji.html

 
















Tag : doa haji
Back To Top