Doa Melepas Orang Pergi Haji


Sebelum Saya menulis tentang doa melepas orang pergi haji, kita tahu bahwa haji adalah rukun Islam ke lima dan dianggap sebagai fondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar kehidupan Muslim.

Ibadah haji dilakukan dengan mengunjungi dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Mekah pada waktu tertentu yang dikenal sebagai musim haji di Bulan Dzulhijjah. Aktivitas inti dari ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Dhu al-Hijah ketika umat Islam bermalam di Mina, kemudian berdiam diri di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzul-Hijah.

Ziarah berakhir setelah melempar jumrah pada tanggal 10 Dzulhijjah. Sebelum melepaskan keluarga untuk berziarah ke Tanah Suci, alangkah baiknya melafalkan doa bagi orang-orang yang pergi haji. Berikut ini adalah bacaan doa untuk orang-orang yang pergi haji.

زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ  وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Zawwadakallaahut taqwaa wa ghofaro dzanbaka wa yassaro lakal khoiro haytsumaa kunta 
Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkanmu di mana saja engkau berada

Doa Melepas Orang Pergi Haji

Berikut ini adalah bacaan yang dibacakan ketika keluarga melepasa jemaah yang melakukan ziarah ke Tanah Suci berdasarkan hadits shahih.

عَنْ أَنَسٍ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّى أُرِيدُ سَفَرًا فَزَوِّدْنِى. قَالَ « زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى ». قَالَ زِدْنِى. قَالَ « وَغَفَرَ ذَنْبَكَ ». قَالَ زِدْنِى بِأَبِى أَنْتَ وَأُمِّى. قَالَ « وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ »

Dari Anas, ia berkata, “Seseorang pernah mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata pada beliau, “Wahai Rasulullah, aku ingin bersafar, bekalilah aku.” Beliau bersabda, “Zawwadakallahut taqwa (moga Allah membekalimu dengan ketakwaan).” “Tambahkan lagi padaku”, mintanya. Beliau bersabda, “Wa ghofaro dzanbaka (moga Allah ampuni dosamu).” “Tambahkan lagi padaku, demi ayah dan ibuku”, mintanya. Beliau bersabda, “Wa yassaro lakal khoiro haytsuma kunta (moga Allah memudahkanmu di mana saja engkau berada).”  
(HR. Tirmidzi no. 3444)

Bisa juga dengan doa yang lainnya yakni :

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Astaudi’ullooha diinaka wa amaanataka wa khowaatiima ‘amalik
Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.

Demikian ucapan doa doa untuk orang tua berangkat haji yang sangat dianjurkan dibaca disaat pemberangkatan haji untuk mendapatkan haji mabrur yang lebih penting dari sekedar ucapan untuk orang pergi haji berupa kata-kata mutiara saja tanpa doa.

 
















Tag : doa melepas haji
Back To Top