Contoh Susunan Acara Walimatul Safar


Berikut ini adalah contoh susunan acara walimatul safar yang biasa dilakukan oleh para calon jemaah haji atau umroh. Susunan acara pergi haji ini sebaiknya ditulis dahulu agar nantinya memudahkan bagi pembawa acara dalam membawakannya.

Susunan acara pemberangkatan haji ini biasanya dibawakan oleh seorang yang sudah ahli dalam berpidato atau bicara di depan umum. Saya sendiri bukanlah ahli dalam berbicara di depan umum. Mungkin kalau Saya disuruh membawakan atau menjadi pembawa susunan acara pelepasan haji, maka pastinya undangan akan segera bubar.

Berikut ini adalah contoh teks dan juga sekaligus contoh susunan acara walimatul safar yang Saya edit dari berbagai literarur. Ini dia contohnya.

Assalaamu 'alaikum Wr.Wb
Alhamdu lillaahi robbil 'aalamin, wabihii nasta'iinu 'alaa umuurid dunyaa waddiin. Washsholaatu wassalaamu 'alaa asyrofil ambiyaa-i walmursalin, wa 'alaa aalihi wasohbihii ajma'iin. Ammaa ba'du.
Faqod qoolalloohu fil Qur'aanil azhiim. A'uudzubillaahi minasysyaitoonir rojiim. Bismillaahir rohmaanir rohiim. Wa qqolan Nabiyyu Shollaloohu 'alaihi wa sallam. Man zaaro qobrii wajaba syafa'atii Rasulillaah. Aamaa ba'du.
Pertama mari kita memuji dan bersyukur kepada Allah SWT, karena berkat bimbingan-Nya kita semua bisa menghadiri acara walimatus safar haji Pak dan Ibu Ujang. Sangat mudah bagi-Nya buat beliau untuk pergi ke tempat kudus Mekah dengan lancar dan sehat.
Sholawat dan salam semoga dapat terus tercurahkan kepada Tuan kami Nabi Muhammad SAW yang agung. Dan juga untuk keluarganya, sahabatnya, dan kita semua. Semoga kita semua menjadi bagian dari kelompok umatnya yang mendapatkan syafa'atnya di akhirat, Amin yaa robbal 'aalamiin.
Yang Saya muliakan sohibul bait Pak Ujang dan Ibu, tamu yang terhormat, para pejabat desa terhormat dari atasan ke bawahan, yang terhormat dari para kiyai, ulama-ulama, asatid wal asatidah dan tidak lupa atas kehadiran saudara semua, sekarang kami melanjutkan pada susunan acara walimatul safar yakni :
1. Pembukaan
2. Pemacaan hadiah Fatihah
3. Pembacaan sholawat Nabi
4. Sambutan dari shohibul bait dan Kepala Desa
5. Membaca Al-Qur'an Al-qur'an
6. Acara utama yakni dakwah walimatul safar haji
7. Tutup dan do'a
Baiklah untuk mempersingkat waktu kita segera memulai acara pertama yaitu pembukaan. 'Alaa hadzihin niyyati wa kulli niyyatin soolihah ilaa hadrotin nabiyyil mustofa rosulillaahi Shollallaahu alaihi wasallam. Al-Fatihah.
Alhamdu lillaahi robbil 'aalamin, terima kasih kepada bapak dan ibu yang telah membaca surotul fatihah. Mudah-mudahan acara ini berlangsung lancar dari awal hingga akhir. Amin
Melangkah pada event yang ke dua yakni pembacaan hadiah Fatihah yang akan disampaikan oleh Kiai Yusuf Mansur. Waktu dan tempat Saya persilahkan.
Terima kasih kepada Kiai Yusuf yang telah memimpin membaca hadiah. Semoga pahala Fatihah ini bisa terkirim ke kuburan para orang tua kita semua. Amin Ya Allah ya robbal alamin.
Melangkah pada Acara ke-3 yakni membaca sholawat Nabi yang akan disampaikan oleh Ustadz Nazmuddin. Waktu dan tempat kami persilahkan.
Terimakasih kepada Ustadz yang sudah membaca Barjanji, semoga kita mendapat syafaa'atul uzhma, terutama untuk Pak dan Ibu Ujang dan umumnya untuk kita semua, Amin Ya Robbal alamin.
Menginjak pada acara ke-4 adalah sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh Panitia Penyelenggara Walimatul Haji yang akan disampaikan oleh Pak Asep Marfu. Waktu dan tempat Kami persilahkan.
Terima kasih kepada Pak Asep yang telah memberikan pidatonya. Sambutan kedua akan disampaikan oleh Bapak Kepala Desa, yakni Bapak Nanan. Waktu dan tempat Saya persilahkan.
Terima kasih kepada Bapak Nanan yang  telah memberikan pidatonya.
Acara ke 5 adalah pembacaan ayat suci Alqur'an yang akan dibaca oleh Ustadz Faqih. Waktu dan tempat Kami persilahkan.
Terima kasih kepada Ustadz Faqih yang telah membaca ayat-ayat al Quran, semoga mendapat pahala dari Allah swt, khususnya untuk yang membacanya dan juga umumnya bagi kita semua yang mendengarkannya. Amin ya Allah ya robbal alamin.
Melangkah pada acara ke-6 yakni acara yang kita tunggu yakni acara utama tausiah islamiah yang akan disampaikan oleh Ustadz Abdus Shomad.  Waktu dan tempat Saya persilahkan.
Terima kasih atas kata-kata taushiah yang baik. Semoga apa yang dia katakan, dapat dipraktekkan dan dilaksanakan oleh kita semua dan itu bisa bermanfaat bagi keluarga. Amin
Melangkah pada acara ke-6 yaitu doa yang harus disampaikan Ustadz Jokowi, tetapi sebelum doa dimulai Saya sebagai tuan rumah meminta maaf jika ada kesalahan, karena kesalahan yang ada datang dari Saya dan kesempurnaan hanya milik Allah swt.

Wassalamu 'alaikum wr wb.

Demikianlah contoh susunan acara walimatus safar untuk orang yang pergi umrah atau haji yang biasa disampaikan pembawa acara umroh atau haji pada acara syukuran umroh atau haji.

 
















Tag : acara haji, walimatul safar
Back To Top