Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari


Dengan kondisi cuaca di Tanah Suci yang terkadang berubah menjadi ekstrem, maka perlengkapan umroh wanita 9 hari, perlu disiapkan dengan cermat. Jangan sampai Anda membawa barang-barang yang tidak dibutuhkan sehingga akan memenuhi barang bawaan Anda sendiri.

Untuk membuat khidmat selama ibadah umroh, Anda sangat disarankan untuk mementingkan faktor kenyamanan yang nantinya akan membuat ibadah Anda berjalan dengan lancar. Dalam hal ini, Anda mesti menyiapkan beberapa perangkat umrah berikut ini dan pastikan tidak ketinggalan.

Mukena
Mukena satu saja sudah cukup, tetapi jika Anda ingin membawa 2 buah, silahkan saja. Secara umum, peziarah umrah dari Indonesia hanya mengenakan atasan mukena mereka selama sholat, bagian bawahnya memakai rok biasa plus menggunakan kaus kaki.

Jadi jika Anda ingin membawa bawahan mukena, bawalah satu saja. Peziarah dari negara lain bahkan hanya menggunakan pakaian mereka untuk sholat, selama menutupi aurat mereka dengan benar.

Al Quran dan Sajadah
Al Quran kecil dan sajadah kecil, menjadi sangat berguna saat Anda tidak mendapatkan tempat shalat di masjid dan hanya bisa di halaman saja.

Pakaian ihram dan cadangannya
Ketika Anda berencana untuk beribadah umroh selama 9 hari, sangat wajib untuk membawa perlengkapan umrah yang dalam hal ini adalah pakaian ihram. Pastikan jika mau, Anda membawa dua pakaian ihram yang digunakan sebagai ganti.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi bingung ketika pakaian Anda kotor dan perlu ganti pakaian. Sedangkan untuk warna, pada dasarnya tidak ada standar hukum harus memakai warna apa, yang pasti bisa menutupi aurat.

Namun sebetulnya, satu saja sudah cukup, sebab di Makkah itu udaranya sangat kering, jadi badan tidak berkeringat dan tidak berbau, sehingga pakaian pun tidak berbau.

Pakaian non-ihram
Hal lain yang perlu Anda bawa sehubungan dengan peralatan Umrah adalah pakaian non-ihram yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Penting untuk memastikan Anda mengenakan pakaian yang menutupi aurat Anda.

Jika Anda mengambil Umrah selama 9 hari, disarankan untuk membawa 2 atau 3 pakaian non-ihram sebagai pakaian ganti. Jenis pakaian non-ihram yang termasuk dalam peralatan umrah ini adalah gamis atau pakaian lengan panjang dengan gaun yang menutupi aurat.

Pastikan pakaian yang Anda bawa tidak terlalu ketat, sehingga pakaian Anda akan tetap pas dengan syar'i.

Kaus kaki dan jaket
Untuk perlengkapan Umrah selama 9 hari selanjutnya, Anda membawa kaus kaki dan jaket untuk menghangatkan tubuh Anda di malam hari. Karena, suhu di kota Mekah sangat ekstrem, di mana siang hari sangat panas dan pada malam hari akan menjadi sangat dingin. Tentu saja Anda perlu menjaga kondisi tubuh Anda dengan membawa pakaian yang tepat.

Perlengkapan Umrah lainnya dan yang perlu Anda bawa adalah sepatu yang akan membantu Anda ketika berjalan jauh. Namun, perlu diingat bahwa Anda disarankan untuk menggunakan sepatu tanpa tali, karena ini tidak akan membuat Anda tidak nyaman saat memakai lagi ketika kkondisi sangat ramai.

Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari


Pakaian tidur yang sopan dan nyaman
Anda juga disarankan untuk membawa pakaian tidur yang nyaman. Peralatan seperti itu penting untuk dibawa, karena Anda akan menggunakannya ketika Anda selesai beribadah saat akan tidur. Jika tidurnya rombongan,  pastikan Anda membawa pakaian yang menjaga aurat selama tidur.

Pakaian dalam
Penting untuk mempertimbangkan ini ketika berencana membawa peralatan umrah untuk kegiatan di Mekah. Dengan kata lain, Anda perlu membawa pakaian dalam yang akan membuat Anda nyaman saat beribadah.

Disarankan untuk membawa pakaian dalam sekali pakai, jadi Anda tidak perlu repot-repot harus mencuci pakaian dalam. Bagi Anda wanita, sangat wajib untuk membawa panty liner yang tidak akan mengganggu perjalanan Anda.

Namun jika tidak suka dengan pakaian dalam sekali pakai, membawa 7 set pakaian dalam sudah cukup.

Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari


Aksesoris untuk Umrah
Selain pakaian, Anda juga perlu memikirkan membawa perlengkapan umroh dalam bentuk aksesoris. Dengan kata lain, Anda disarankan untuk membawa kacamata hitam yang akan membantu melindungi diri Anda dari sinar matahari, masker yang akan menghindari kotoran atau debu terbang.

Selain itu, Anda juga harus membawa sandal jepit yang akan mudah dan nyaman dipakai saat beribadah. Jangan lupa bawa kaus kaki sebanyak 3 pasang untuk menutupi aurat wanita yang sedang melakukan umrah. Di sisi lain, gantungan baju juga perlu dibawa sehingga Anda bisa menggantung pakaian setelah digunakan agar tidak kusut.

Losion untuk perawatan kulit
Lotion untuk kulit sangat penting untuk dibawa ketika Anda melakukan umrah. Alasannya, agar kulit terlindung dari sinar matahari dan dari perubahan cuaca ekstrem yang bisa menyebabkan kulit bersisik dan pecah-pecah.

Anda juga dapat membawa sabun pembersih, pelembab wajah, tangan dan tubuh, lip balm dan krim kaki untuk menjaga kesehatan kulit Anda sendiri, sebab tanpa membawa peralatan ini, Anda akan rugi sendiri.

Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari


Selain beberapa perlengkapan Umrah yang disebutkan di atas, Anda juga sangat disarankan untuk membawa obat-obatan pribadi yang nantinya akan menjaga kesehatan Anda sehingga Anda tidak mengalami sakit ketika Anda beribadah.

Siapkan saja obat yang penting seperti vitamin untuk jaga stamina, obat penunda haid (bagi yang menggunakan), obat pusing, obat flu, obat antimual, obat maag dan obat diare.

Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari

Sumber :
http://rwptravel.com/perlengkapan-umroh-wanita-9-hari/
https://www.cheria-travel.com/2014/03/info-perlengkapan-umroh-bagi-wanita.html

 
















Back To Top