Ibadah Umroh Berapa Hari


Mungkin Anda bingung dengan beberapa paket umroh yang menyediakan paket umroh tapi berbeda lamanya. Ada yang 9 hari, 10 hari, 2 minggu dan bahkan satu bulan seperti paket umroh di bulan Ramadhan. Jadi sebenarnya, ibadah umroh itu berapa hari sih ? Itu mungkin pertanyaannya.

Untuk mengetahui jawabannya, Anda harus tahu bagaimana sebetulnya praktek umroh dilakukan. Baiklah Saya jelaskan berdasarkan pengalaman Saya pribadi. Ibadah umroh itu dimulai dengan mengambil miqat. Saya sendiri mulai memakai baju ihrom dari Hotel Movenpick Madinah dan berangkat menuju ke tempat Miqat Bir Ali untuk berniat ihrom di sana. Lama waktu perjalanan dari Madinah ke Bir Ali dan ke Mekkah, kurang lebih 6 jam.

Di Mekkah ini, kita melakukan serangkaian ibadah umroh dari awal sampai selesai, bisa menyita waktu sampai antara 3-6 jam, tergantung darimana kita mengambil miqat dan juga pengaruh kepadatan jemaah.

Begitu kita sampai ke Masjidil Haram, kita segera beranjak menuju Ka'bah untuk melaksanakan tawaf yang dimulai di Hajar Aswad dan mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh putaran sambil mengucapkan takbir dan kalimat talbiyah.

Setelah selesai melakukan tawaf, jemaah kemudian menuju Maqam Ibrahim untuk melakukan shalat sunat dua rakaat di sana. Rukun selanjutnya adalah Sa’i, yang dilakukan dengan berjalan cepat sebanyak tujuh kali dari Bukit Safa ke Bukit Marwah. Prosesi Sa’i ini biasanya dapat berlangsung selama 2-3 jam, tergantung situasi dan jumlah jemaah yang berada di lokasi tersebut. Umroh kemudian diakhiri dengan Tahalul, yakni prosesi pemotongan rambut para jemaah.

Jadi kesimpulannya, satu kali pelaksanaan umroh ini umumnya berlangsung selama 6-12 jam, tergantung dari mana Anda memulai miqat

Nah jika Anda ingin mengulangi lagi ibadah umroh di hari berikutnya, maka itu boleh-boleh saja. Makanya, tak heran jika ada travel umroh yang menyediakan paket umroh sekian kali, mumpung masih di kota Mekkah. Masa kita jauh-jauh pergi ke kota Mekkah, hanya beribadah umroh satu kali saja. Kalau Anda mau, maka umroh yang ke 2 dan seterusnya bisa dibadalkan buat orang tua atau saudara yang sudah meninggal. Itu boleh, dan tidak ada bedanya dengan badal haji dari hukum kebolehannya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa satu kali ibadah umroh itu tidak membutuhkan waktu berhari-hari. Bahkan kalau mampu secara fisik, maka Anda bisa melakukan umroh lebih dari satu kali dalam sehari. Jelas ?

Ibadah Umroh Berapa Hari


Lalu bagaimana dengan paket umroh sekian hari dari perusahaan travel umroh ? Nah, kalau itu adalah bukan jumlah hari dari prosesi umrohnya tapi paket tournya. Soalnya kan sayang jauh-jauh kita tidak mengenal bangunan sejarah atau napak tilas dari sejarah Rasul baik yang ada di Madinah maupun di Mekkah. Dan jelas itu butuh waktu beberapa hari untuk menelusurinya.

Bagi peziarah yang telah melakukan prosesi umroh pertama, maka hari kedua di Mekah biasanya digunakan oleh peziarah untuk mengunjungi tempat-tempat suci, seperti masjid dan makam para nabi. Tur keliling Makkah dan daerah sekitarnya biasanya berlangsung selama 2-3 hari setelah ibadah umroh. Umumnya rangkaian perjalanan umroh berakhir pada hari ke 6 atau 7.

Ada juga beberapa agen perjalanan umroh yang menawarkan paket perjalanan umroh plus tur religi ke negara-negara seperti Turki, Mesir, Yordania, atau Palestina, selama beberapa hari. Paket wisata tambahan biasanya menawarkan umroh perjalanan plus selama 9-12 hari.

Ada baiknya, saat merencanakan perjalanan umroh, kita memilih paket perjalanan seperlunya. Jika kita tidak punya banyak waktu karena tanggung jawab pekerjaan, namun tetap ingin melakukan umroh, pilihlah paket perjalanan yang menawarkan waktu singkat, terutama untuk ibadah umroh saja.

Secara umum, biaya umroh cenderung lebih mahal karena penambahan paket wisata religi ke negara-negara yang telah disebutkan di atas. Jadi, bijaklah dalam menentukan kebutuhan umroh.

Nah kalau Anda sudah terbiasa melakukan perjalanan umroh, maka tentu akan lebih baik jika tidak harus melalui biro umroh. Disamping biayanya murah, tentu Anda lebih bebas untuk melakukan umroh kapan pun. Jadi begitu tiba di bandara, kalau tidak capai Anda bisa langsung menuju Mekkah melakukan ibadah umroh.

Jadi sekarang jelas bedanya, berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan ibadah umroh dan berapa hari yang dibutuhkan untuk tournya. Semoga bermanfaat.

Baca juga :
kegiatan umroh 9 hari

 
















Tag : umroh berapa hari
Back To Top