Berapa Biaya Umroh dalam Rupiah


Jika Anda bermaksud untuk melakukan travel religi ke Tanah Suci yakni umroh, pasti lah Anda mencari info tentang berapa biaya umroh dalam rupiah atau pun dalam dollar. Tentu saja orang mencari biaya umroh sesuai dengan budget yang ada. Jika mampu, tidak salah kalau memilih paket umroh plus wisata tour Timur Tengah atau paket umroh VIP dalam artian Anda diberikan pelayanan nomer satu dengan hotel bintang 5 dan maskapai penerbangan yang paling nyaman.

Jadi Anda hanya fokus ibadah saja, karena letak hotel dengan masjid sangat dekat, tidak takut tidak kebagian tempat, menu makan spesial segala ada, hotel pun fasilitasnya sangat nyaman. Namun jika paket seperti itu tidak bisa kita dapatkan, maka Saya anjurkan memilih paket umroh dengan harga wajar, jangan memilih paket umroh dari perusahaan umroh dengan harga murah, sebab akhir-akhir ini banyak sekali perusahaan travel umroh yang ternyata menipu, meraup keuntungan untuk sendiri dengan kedok membuka paket umroh murah, setelah uang terkumpul, pemiliknya malah kabur dan tak bertanggung jawab dan akhirnya dilaporkan ke polisi, dan langsung bisa diciduk.

Jadi intinya buat Anda yang mau melakukan perjalanan umroh, sebaiknya pillih perusahaan yang sudah berpengalaman bertahun-tahun memberangkatkan ribuan jemaah namun dengan biaya yang harganya minimal standar, tidak murah. Kalau memang Anda pingin biaya umroh murah, dibawah 15 juta bahkan 10 juta, itu bisa saja, tapi Anda harus berangkat sendiri dan ngurus segalanya sendiri. Barulah Anda bisa dapat paket umroh murah. Bisa ? Banyak teman Saya yang melakukannya seperti itu, tapi Saya nggak akan membahas ini, Saya kembali ke tema semula, kisaran biaya umroh yang standar atau wajar.

Komponen terbesar untuk biaya umroh adalah pembelian tiket pesawat, sebab dengan waktu tempuh pesawat kurang lebih 9 – 10 jam, maka ini termasuk perjalanan pesawat yang sangat jauh, jadi tidak mengherankan jika ongkos tiket pesawat menjadi komponen yang memakan biaya terbesar.

Selain itu, masa liburan juga sangat berpengaruh pada biaya umroh. Biasanya harga hotel menjadi meroket apabila masa liburan, biasanya di akhir tahun atau Bulan Desember dan juga di bulan Ramadhan, dan ini jelas akan mempengaruhi harga biaya umroh keseluruhan. Namun selain bulan itu, harga hotel cenderung rendah. Dengan demikian ada 2 tarif umroh yakni saat low season dan high season.

Sebagai contoh :
Biaya umroh dalam Rupiah pada musim sepi (low)
- Ekonomis/Bintang 3 : Rp 18,5 juta - Rp 21 juta
- Bintang 5 : Rp 22,5 juta - Rp 29 juta

Biaya umroh dalam Rupiah pada musim ramai (high)
- Ekonomis/Bintang 3 : Rp 28,5 juta - Rp 35 juta
- Bintang 5 : Rp 37,5 juta - Rp 56 juta

Nah dapat disimpulkan bahwa jika ada perusahaan travel umroh yang mematok harga dibawah standar, maka Anda harus teliti dulu. Kalau memang perusahaanya sudah berpengalaman bertahun-tahun dan tak pernah ada kabar miring, nggak masalah Anda bergabung dengan biro perjalanan itu. Namun jika perusahaanya terbilang baru buka tapi sudah ngasih biaya yang tidak wajar, maka perlu diteliti dulu, apakah perusahaan itu sudah punya izin atau belum. Tanyakan rincian biayanya kenapa bisa sampai murah dan seterusnya agar Anda tidak tertipu.

Berapa Biaya Umroh dalam Rupiah


Memang untuk Depag sendiri memberikan harga acuan minimal untuk umroh adalah sekitar $1750, namun bagi perusahaan travel, harga acuan itu sangat memberatkan kepada konsumen karena banyak perusahaan umroh yang tidak hanya berniat ngambil keuntungan saja, tapi mereka lebih fokus kepada memberikan kemudahan buat kaum muslimin yang ingin umroh.

Nah, mudah-mudahan setelah Anda tahu kisaran harga umroh yang wajar, Anda bisa fokus mengumpulkan uang dulu buat biaya tersebut dan tidak terjebak dengan promo umroh murah yang mungkin sangat beresiko.

 
















Tag : biaya umroh
Back To Top