Ucapan Untuk Orang Berangkat Umroh


Pada artikel kali ini Saya akan membahas bagaimana contoh ucapan doa untuk orang umroh sesuai sunnah dan ucapan pamitan umroh. Artinya, untuk bahasan pertama adalah kata-kata ucapan selamat atau doa dari kerabat, keluarga, handai tolan, teman sejawat yang lagi ditinggalkan ibadah umroh. Sedangkan bahasan yang ke dua adalah ucapan pamitan dari calon jemaah umroh, baik berupa doa atau amanah yang disampaikan buat keluarga yang ditinggalkan.

Kita tahu bahwa umroh ini harus dilakukan di kota Mekkah yang jauh dari Indonesia. Jadi sebelum berangkat untuk ibadah umroh, biasanya kebiasaan orang Indonesia mengajak kerabat dan tetangga untuk kemudian mengadakan acara walimatul safar atau minta keselamatan sebagai ungkapan rasa syukur.

Kadang-kadang kita yang merupakan bagian dari keluarga atau tetangga, merasa bingung tentang apa yang harus diucapkan ketika memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang ingin pergi umroh tersebut.

Untuk itu, Saya akan membagikan beberapa ucapan selamat untuk orang-orang yang ingin pergi umroh baik dalam bentuk doa maupun ungkapan biasa. Nah bagi Anda yang bingung mau mengucapkan apa kepada calon jemaah umroh, Saya sarankan mengucapkan doa sebagai berikut:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ

Astawdi’ullaha diinaka
Aku menitipkan agamamu

 وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

 wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik 
amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah

Atau bisa juga dengan ungkapan seperti ini :

"Selamat atas ibadah umroh ini. Semoga perjalanan ke Tanah Suci, selalu diberi kemudahan oleh Allah, mendapatkan peribadahan yang sempurna dan baik. Aamiiin Ya Rabbal Alamin. Jangan lupa untuk membawa nama Saya dalam doa ketika berada diTanah Suci "

"Selamat atas pelaksanaan umroh ini. Semoga Anda bisa mendapatkan umroh yang mabrur dan selalu mendapatkan kelimpahan dari ALLAH SWT"

"Selamat atas kepergian umroh, Insya Allah, Anda bisa mendapatkan umroh yang mabrur dan mendapat ridho dari Allah, Penguasa dunia dan akhirat"

"Selamat, ALLAH telah mengundang Anda untuk melakukan ibadah yang sangat mulia. Semoga umrohnya dapat diterima oleh ALLAH SWT"

"Selamat atas ibadah umrohnya. Semoga Allah selalu menjadikan langkah Anda lebih mudah sehingga Anda dapat melakukan serangkaian ibadah di Tanah Suci dengan sungguh-sungguh dan tidak ada halangan."

"Saya sangat senang, ketika saya menerima berita bahwa Anda ingin melakukan umroh. Saya dengan tulus berdoa agar Allah Yang Maha Penyayang selalu melimpahkan rezeki dan kesehatan agar proses ibadah umroh Anda selalu lancar dan Anda juga lebih takut kepada Allah."

"Selamat atas undangan umroh. Semoga selamat dari awal berangkat ke Tanah Suci sampai kembali ke Tanah Air kita tercinta. Dan yang paling penting adalah hatimu akan selalu mengingat Allah selama ibadah di sana."

"Syukurlah Anda bisa mendapat nikmat dari Allah dalam bentuk kesempatan untuk melakukan ibadah umrah. Berbahagialah Anda karena tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah ini. Namun, saya percaya bahwa Anda tidak memiliki rasa arogan atau sombong, karena kekayaan dan peluang sejati ini datang dari Allah. Semoga iman Anda akan meningkat selama dan setelah melakukan ibadah umrah."

"Alhamdulillahirabbil alamin, akhirnya setelah menunggu lama, Anda dikirim oleh Allah ke Tanah Suci. Perjalanan spiritual yang luar biasa. Semoga Anda diberkati dengan kesehatan dan dapat melakukan serangkaian ibadah di Tanah Suci dengan perhatian khusus. Amin."

"Selamat atas umrah ini. Semoga Anda dan istri Anda akan selalu menerima karunia kebahagiaan dan kesehatan sehingga dapat melakukan serangkaian ibadah di Tanah Suci dengan ketulusan dan kelancaran. Semoga setelah kembali dari Tanah Suci, cinta Anda untuk Allah semakin meningkat."

"Selamat atas pelaksanaan umrah ke tanah suci Mekkah Al Mukaramah dan Madinah Al Munawarah. Semoga perjalanan dari Tanah Air kita tercinta ke Tanah Suci dan sebaliknya, selalu mulus dan tidak ada halangan apapun. Amin."

"Tidak semua orang mendapat panggilan suci untuk pergi ke kota Mekah. Bersyukurlah kepada Allah atas karunia kesempatan umroh ke Tanah Suci. Saya berharap Anda selalu dapat melakukan semua jenis ibadah di Tanah Suci dengan baik. Amin."

"Selamat atas ibadah umrahnya. Semoga Allah memfasilitasi setiap langkah Anda dalam melakukan ibadah di Tanah Suci. Dan semoga ketika Anda kembali ke Indonesia, tingkat keyakinan Anda akan meningkat. Amin."

"Mampu melakukan umrah ke Tanah Suci adalah karunia dari Allah. Untuk alasan ini, bersyukurlah atas perjalanan umrah Anda dengan melakukan ibadah dengan hati yang tulus. Semoga Allah selalu membuat langkah Anda lebih mudah sehingga iman dan kesalehan Anda meningkat. Amin."

Ucapan Untuk Orang Berangkat Umroh


Sedangkan ucapan pamitan umroh dari calon jemaah umroh kepada keluarga handai tolan, juga bisa menggunakan doa seperti di bawah ini :

أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ 

Astawdi’ukallaha
Aku menitipkan kalian pada Allah

الَّذِى لاَ تَضِيعُ وَدَائِعُهُ

alladzi laa tadhi’u wa daa-i’uhu 
 yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya

Itulah contoh kata kata ucapan selamat untuk mendoakan orang berangkat umroh baik untuk teman, keluarga, tetangga dan muslim lainnya agar mendapatkan umroh mabrur.

Baca juga :
doa untuk orang tua yang sedang umroh
doa melepas orang pergi umroh
doa untuk orang pergi haji
doa agar umroh mabrur
ucapan selamat datang dari umroh

Sumber :
https://www.bangtresna.com/2017/03/ucapan-untuk-orang-berangkat-umroh.html
https://arif.rahmawan.web.id/2017/12/kumpulan-kata-ucapan-selamat-umrah.html

 
















Back To Top