Syarat Pembuatan Paspor Umroh


Apa saja syarat pembuatan paspor umroh ? Membuat paspor umrah sekarang sangat mudah dan murah. Aplikasi paspor mengikuti aturan baru, yaitu membuat paspor dilayani oleh daftar antrian online.

Hal ini berlaku untuk membuat paspor baru, memperbarui paspor, mengganti paspor yang hilang, serta paspor untuk umrah dan paspor untuk anak-anak. Aplikasi antrian online ini dapat diakses dengan mengunduh aplikasi antrian paspor di Google Playstore untuk ponsel berbasis android. Anda juga dapat mengakses situs web www.antrian.imigra.go.id untuk informasi yang lebih jelas.

Permintaan paspor dapat dilakukan di kantor imigrasi mana pun selagi masih di wilayah Republik Indonesia. Jadi Anda dapat memilih kantor imigrasi mana yang memiliki antrian lebih cepat. Jika Anda telah mengunduh aplikasi antrian paspor online, segera siapkan file atau dokumen pelengkap sebelum mendaftar.

Persyaratan dokumen untuk membuat Paspor Umrah
Ada sedikit perbedaan dalam pembuatan paspor umrah dibandingkan dengan membuat paspor biasa, terutama untuk pertama kalinya membuat paspor.

Kita perlu mempersiapkan yang berikut:
- Kartu Identitas Penduduk yang asli dan 1 salinannya.
- Kartu Keluarga Asli (KK) dan 1 salinannya.
- Akte kelahiran/ijazah/buku nikah terakhir (salah satunya) asli dan 1 fotokopi.
- Surat rekomendasi untuk ziarah dari kantor Departemen Agama kabupaten atau kota.
- Surat rekomendasi perjalanan umroh dari travel umroh tempat mendaftar.
- Materai Rp 6000 2 lembar.
- Alat tulis untuk mengisi formulir aplikasi.
- Paspor lama ASLI, untuk permohonan perpanjangan paspor dan foto copynya 1 lembar.
- Bagi anak yang berumur dibawah 17 tahun, maka diperlukan fotokopi KTP orang tua serta KK

Surat rekomendasi untuk naik haji dari Kantor Kementerian Agama dapat diperoleh dengan datang ke Kantor Kementerian Agama sesuai dengan domisili calon jamaah haji. Dengan melengkapi dokumen yang diminta dari Kantor Departemen Agama setempat.

Pastikan nama dan data pemohon paspor sama persis dengan yang ada pada Kartu Identitas Penduduk dan Kartu Keluarga. Jika ada perbedaan walaupun 1 huruf, biasanya diperlukan surat keterangan tambahan.

Syarat Pembuatan Paspor Umroh

Proses Pembuatan Paspor Umrah
Setelah mengunduh aplikasi antrian paspor secara online, Anda akan mendapatkan jadwal hari dan jam waktu Anda harus datang ke kantor imigrasi tempat Anda mendaftarkan antrian. Datang tepat waktu karena hanya akan dilayani sesuai jadwal antrian.

Petugas imigrasi akan memeriksa kesesuaian jadwal pemohon paspor. Kemudian mengarahkan Anda untuk :

  • Menyerahkan dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor. Petugas imigrasi akan memeriksa semua dokumen sebelumnya dan menyediakan folder yang berisi formulir untuk diisi. Formulir ini gratis, tidak dibayar.
  • Paspor umroh membutuhkan nama pemohon yang terdiri dari 3 kata. Bagi Anda yang namanya tidak terdiri dari 3 kata, akan diberikan formulir untuk menambahkan nama. Nama ayah atau kakek akan ditambahkan, karena membuat paspor umroh harus 3 suku kata.
  • Setelah semua selesai, pelamar akan diminta untuk menunggu wawancara dan sesi foto paspor. Petugas pada sesi wawancara akan menanyakan tujuan pembuatan paspor dan mencocokkan data pribadi pelamar. Kemudian pemohon paspor akan diminta untuk merekam sidik jari untuk data biometrik.
  • Setelah semua proses selesai, pemohon akan mendapatkan lembar bukti untuk koleksi paspor saat selesai dicetak.
  • Semua proses untuk mengajukan paspor ini jika lancar hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  • Setelah itu pelamar diminta untuk membayar biaya pembuatan paspor sesuai dengan apa yang dicetak pada lembar bukti paspor. Periode pembayaran maksimum adalah 7 hari dari pengiriman file terjadwal yang telah diperiksa.

Bagi yang belum mengisi formulir secara online, biasanya Anda akan diminta mengisi formulir permohonan terlebih dahulu dan diminta untuk datang kembali untuk melakukan proses foto dan wawancara.

Sedangkan yang sudah melakukan permohonan secara online, Anda hanya tinggal menunjukkan bukti formulir (bentuk pdf) dan kelengkapan dokumen persyaratan baik fotokopi ataupun dokumen aslinya.

Biaya pembuatan paspor umrah
Saat ini biaya pembuatan paspor sangat terbuka dan transparan. Rincian biaya tercantum dalam spanduk yang dipasang di ruang tunggu kantor imigrasi. Siapkan saja dana senilai 355.000 Rupiah untuk membuat paspor 48 halaman.

Pembayaran untuk membuat paspor umrah dapat dilakukan di kantor pos mana pun. Atau agar lebih cepat, bisa dilakukan di kantor pos terdekat dengan kantor imigrasi. Setelah pembayaran dilakukan, antrian paspor tidak diperlukan lagi. Cukup datang langsung 3 hari kemudian ke kantor tiket yang terletak di dalam kantor imigrasi. Paspor umrah siap digunakan.

Membuat paspor umrah sekarang mudah dan murah. Mengingat proses ini membutuhkan surat rekomendasi dari Departemen Agama setempat, maka perlu surat rekomendasi dari perjalanan haji dan umrah yang merupakan tempat untuk mendaftarkan perjalanan umrah Anda.

Pastikan travel haji dan umroh yang anda pilih itu tercatat resmi  di website kementerian agama, masih berlaku ijin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) maupun Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Sehingga perjalanan ibadah anda terjamin kenyamanan dan kelancarannya.

Sumber :
https://www.officialameeramekkah.com/artikel/syarat-pembuatan-paspor-umroh-2019/
https://www.rabbanitour.com/cara-membuat-paspor-umroh-3-kata/

 
















Tag : paspor umroh
Back To Top