Pengertian Haji dan Umrah


Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam. Melakukan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan bagi umat Islam di seluruh dunia. Haji dan UmrOh adalah dua jenis ibadah yang memiliki banyak kesamaan dalam beberapa hal, sementara juga memiliki banyak perbedaan mendasar dalam beberapa hal lainnya. Untuk lebih jelasnya, akan ditinjau dulu tentang pengertian haji dan umrah sesuai dengan bahasa dan istilah.

Pengertian Haji

Pengertian haji menurut bahasa
Pengertian  haji dalam bahasa berarti al-qashdu, yang berarti menyengaja untuk melakukan sesuatu. Haji juga berarti pergi kepada sesuatu atau seseorang. Dikatakan "hajja ilaina fulan" berarti fulan mendatangi kita.

Pengertian haji menurut istilah
Sedangkan definisi haji dalam istilah syariah, haji berarti mengunjungi Ka'bah dan tempat-tempat tertentu untuk mengadakan ritual tertentu. Tempat-tempat khusus yang disebutkan di atas adalah selain Ka'bah dan Mas'a (tempat sa'i), juga Padang Arafah (tempat sebelum menginap), Muzdalifah (tempat mabit), dan Mina (tempat melempar jumroh) ).

Ada juga yang mendefinisikan haji dengan ziarah ke tempat-tempat tertentu, pada waktu-waktu tertentu dan praktik tertentu dengan niat beribadah. Dari definisi di atas dapat dijelaskan bahwa haji tidak dapat dipisahkan dari yang berikut:

Ziarah
Ziarah dalam hal ini berarti melakukan perjalanan dengan menempuh jarak yang biasanya cukup jauh untuk meninggalkan negara atau kota asal.

Tempat tertentu
Tempat khusus dalam hal ini adalah Ka'bah di kota Baitullah, Mekah Al-Mukarramah, Padang Arafat, Muzdalifah, dan Mina.

Waktu tertentu
Waktu khusus dalam hal ini berarti bahwa ibadah haji hanya dilakukan pada bulan-bulan haji, yaitu bulan Syawal, Zulkaidah, Dhul Hijah.

Praktek tertentu
Praktek khusus dalam hal ini berarti semua yang termasuk dalam rukun haji, wajib haji, dan sunahnya seperti tawaf, wukuf, sai, mabit di Mina dan Muzdalifah dan praktik lainnya.

Niat ibadah
Dengan niat beribadah di sini niatnya hanya ibadah kepada Allah.

Pengertian Umrah

Sekilas umrah sangat mirip dengan ibadah haji, tetapi tetap saja ibadah haji bukanlah ibadah umroh. Secara lebih rinci, umroh adalah haji kecil, di mana beberapa ritual haji dilakukan dalam umroh sehingga dapat dikatakan bahwa umroh adalah ibadah haji yang dikurangi.

Pengertian umroh menurut bahasa
Pengertian umroh dalam bahasa berarti berarti "az-ziyarah", yaitu mengunjungi tempat atau seseorang.

Pengertian umroh menurut istilah
Sementara pengertian umrah dalam istilah, didefinisikan oleh jumhur ulama sebagai bentuk ibadah tawaf di sekitar Baitullah dan Sai antara bukit Shafa dan bukit Marwah dengan niat Ihram plus datang ke Ka'bah untuk melakukan ibadah tawaf dan sai.

Umrah dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada hari Arafat, yang pada tanggal 10 Hul-Hijjah dan hari-hari Tasyrik, pada tanggal 11,12,13-Zulhijah.

Demikian pengertian haji dan umroh menurut bahasa dan istilah. Setelah Anda tahu tentang definisi, silahkan ketahui juga tentang syarat haji dan umroh, perbedaan haji dan umroh, hukum haji dan umroh serta dalil haji dan umroh yang muungkin informasinya dibutuhkan buat mereka yang mau bikin makalah haji dan umroh.

 
















Back To Top