Biaya Umroh 2020 Brebes


Biaya umroh 2020 Brebes itu sangat berlainan, ada bermacam penentu yang mempengaruhi. Kalau Sobat punya rencana umroh pada tahun 2020, dengan demikian perlu mengetahui dahulu berapa ongkos minimal untuk umroh yang dilegalkan oleh pemerintah kita.

Mari kita simak penentu maupun komponenen yang mempengaruhi ongkos umroh 2020. Penentu yang mempengaruhi ongkos umroh 2020 ialah sebaga berikut:

1. Biaya Handling di Bandara 
Anggaran handling umroh yang Kami maksud disini adalah anggaran yang mesti disiapkan oleh biro travel untuk menangani jamaah pada saat berada di lapangan terbang sebelum kepergian serta setelah kedatangan, umpamanya ongkos porter, anggaran snack atau makanan di bandara serta biaya operasional check in. Anggaran ini tak berlaku buat umroh mandiri atau umroh yang nggak memberikan layanan handling bandara.

2. Anggaran Tiket Pesawat 
Tiket pesawat buat umroh sangat beragam. Berikut ini adalah perkiraan biaya tiket dari lapangan terbang di Indonesia ke Jeddah (PP) via maskapai Garuda.
Jakarta - Jeddah : mulai dari Rp. 16 juta sampai Rp. 22 juta.
Surabaya - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Makassar - Jeddah : mulai dari Rp. 23 juta - Rp. 30 juta.
Balikpapan - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Bali - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Aceh - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 30 juta.
Bandung - Jeddah : start dari Rp. 25 juta hingga Rp. 32 juta.
Banjarmasin - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 32 juta.
Batam - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Bengkulu - Jeddah : start dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.
Yogyakarta - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.
Lampung - Jeddah : mulai dari Rp. 20 juta sampai Rp. 27 juta.
Lombok - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 30 juta.
Medan - Jeddah : mulai dari Rp. 23 juta
Pasertag - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Palembang - Jeddah : start dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.
Pekanbaru - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Pontianak - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Semarang - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.

3. Anggaran Visa Umroh
Visa umroh tarifnya masih seragam, dikisaran 35-45 USD per visa maupun sekitar 500 ribuan sampai 600 ribuan dalam rupiah.

4. Transportasi Darat di Arab Saudi
Harga sewa bus pariwisata di Arab Saudi bervariasi dari segi jumlah kursi. Untuk bis yang seatnya untuk 20 orang, umumnya 2.500 Real. Untuk bus dengan kapasitas 50 orang, standarnya dengan harga sewa 3700 Real.

Ini berlaku buat kontrak dengan arah Jeddah - Madinah, lawatan Madinah, Madinah - Mekkah, lawatan Mekkah serta Mekkah - Jeddah. Namun kalau biro perjalanan menfasilitas jamaah untuk rute lain, misalnya ke Thaif dan Hidaibiyah, maka biayanya bisa lebih dari itu.

5. Anggaran Hotel Madinah
Motel di Madinah pun sangat berlainan tarifnya berdasarakn kelas atau bintangnya. Untuk bintang 3, anggaran sewa tiap malam start 200 SR. Sementara untuk bintang 4 di kisaran 300 SR setiap malam. Dan untuk bintang 5 start 500 SR setiap malam.

6. Biaya Penginapan di Mekkah
Untuk hotel di Mekkah ada faktor yang amat mempengaruhi tarifnya yaitu jarak ke Masjid Haram dan bintangnya. Semakin dekat dengan Masjid Haram, lebih mahal pula ongkos carternya. Contohnya buat motel bintang yang jaraknya 100-200 meter dari Masjid Haram, sewanya bisa mencapai 400 real setiap malam. Adapun hotel bintang 3 yang jaraknya 300 – 400 meter biasanya 250 SR  tiap malam.

Buat hotel bintang 5 di Mekkah yang posisinya kurang lebih 10 meter hingga 100 meter dari Masjid Haram, anggarannya mulai 650 SR. Sementara motel bintang 5 yang jaraknya sekitar 1 km biasanya lebih murah.

Pemisalan di atas ialah biaya kontrak penginapan untuk sekamar ber-empat tiap malam. Jadi untuk ongkos carter perorangnya tinggal dibagi 4.

7. Anggaran Makan
Ada berbagai variasi makanan catering maupun rumah makan di Madinah dan Mekkah, start dari tarif 30 real sampai 250 real setiap tiga kali makan yaitu sarapan, makan siang dan dinner dalam sehari.

8. Jadwal Kunjungan
Rencana ziarah yang umum saat umroh adalah di Madinah, Jeddah serta Mekkah. Bagi biro perjalanan yang menfasilitasi ziarah hingga ke Thaif fan Hudaibiyah, standarnya harga paket umrohnya kian tinggi dibanding yang melakukan lawatan umum saja.

9. Tour Leader Atau Pembimbing Ibadah
Setiap grup  umroh mesti mempunyai tour leader atau pembing ibadah. Idealnya, bagi 20 jamaah ada seorang tour leader, 45 peserta ada 2 tour leader atau pembimbing ibadah.

10. Perlengkapan Umrah
Di Nusantara, biasanya perjalanan memakai 2 pola penjualan paket umroh, yakni paket umroh tanpa kelengkapan serta paket umroh dengan kelengkapan. Satu set perbekalan umroh secara umum di kisaran Rp. 700.000 – 1.500.000 yang meliputi koper, tas troli, tas paspor, pakain ihram, mukena, bergo, syal, buku doa dan panduan serta kain batik seragam.

11. Jumlah Hari Umroh
Umumnya perjalanan di Nusantara membuat 4 jadwal umroh yakni:
- 9 hari, secara umum 3 hari di Madinah dan 4 hari di Mekkah
- 12 hari, standarnya 4 hari di Madinah dan 6 hari di Mekkah
- 14 hari, standarnya 5 hari di Madinah serta 7 hari di Mekkah
- 30 hari untuk Ramadhan

Lebih lama banyak harinya, dengan demikian semakin besar juga anggarannya. Begitupun sebaliknya jika banyak harinya sebentar, maka ongkosnya makin murah.

12. Kota Kepergian
Kota keberangkatan yang dimaksud disini ialah lapangan terbang asal kepergian jamaah. Misalnya umroh start Jakarta, umroh start Makassar, umroh mulai Pekanbaru, umroh start Surbaya dll.

Itulah beberapa faktor maupun komponen yang sangat mempengaruhi anggaran umroh termasuk biaya umroh 2020 Brebes. Dengan mengetahui komponen di atas, tentunya seorang calon peserta umroh tak perlu lagi bingung dengan anggaran umroh yang bervariasi. 

Intinya, setiap tarif ada fasilitas serta layanan. Lebih tinggi maupun lebih bagus falisilas serta layanannya, tentunya semakin tinggi juga biaya umrohnya. Kalau tujunnya asli buat ibadah, maka Saya sarankan sebaiknya peserta memilih jadwal yang harinya makin lama umpamanya 12 hari atau 14 hari buat umroh di luar Ramadhan. 

Jangan terlalu fokus pada kelas penginapannya, karena peserta umroh akan makin banyak beribadah di Masjid Nabawi dan Masjid Haram serta melakukan kegiatan kunjungan di Madinah dan Mekkah.

 
















Tag : biaya umroh 2020
Back To Top