Doa Berangkat Umroh


Doa Berangkat Umroh - Berangkat haji dan umroh membutuhkan biaya yang besar. Selain itu juga harus menunggu waktu tertentu, jadi jika Anda dapat melaksanakannya, maka hal ini adalah hadiah yang patut disyukuri dengan cara memanjatkan doa berangkat umroh pada acara walimatus safar.

Bagi mereka yang hanya punya biaya cukup untuk pergi umroh dan haji, maka tak perlu memaksakan mengadakan mengadakan acara ini. Bagi mereka yang mengadakan walimatul safar untuk pergi ke Mekah, biasanya ada beberapa agenda dalam kegiatan ini yaitu kata-kata perpisahan dari Anda yang akan pergi untuk umrah haji.

Umrah dan Haji seperti perjalanan ke liang kubur, karena itu mereka yang akan pergi umroh dianjurkan untuk meminta maaf kepada mereka yang hadir jika ada kesalahan yang dilakukan baik sengaja atau tidak. Demikian juga dalam kehidupan sosial mungkin ada sikap yang kurang menyenangkan, tolong maafkan.

Setelah itu biasanya diikuti oleh tausiah dari ustad atau dai tentang keutamaan haji dan umrah sehingga yang hadir terutama yang belum melakukan haji dan umrah juga memiliki keinginan untuk pergi ke Tanah Suci.

Doa untuk Orang Berangkat Umroh

Ketika kita mau melepas orang yang akan umroh, maka bacalah :

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

“Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah”

Atau bisa juga dengan doa di bawah ini :

زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ  وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Zawwadakallahut taqwa wa ghofaro dzanbaka wa yassaro lakal khoiro haytsuma kunta 
Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkanmu di mana saja engkau berada.

Ketika calon jemaah naik kendaraan, maka baca do’a ketika berada di kendaraan

بِسْمِ اللهِ مَجْرَىْ هاَ وَمُرْسَى هاَ إِنَّ رَبىِّ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ , وَماَ قَدَرُوْا اللهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالأَرْضُ جَمِيْعاً قَبْضَتُهُ يَوْمَ القِياَمَةِ وَالسَّمَواَتِ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِيْنِهِ سُبْحاَنَهُ وَتَعاَلىَ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

“Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat, dan langit digulung dengan kekuasaan-Nya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.”

Doa Berangkat Umroh

Ketika kendaraan mulai bergerak, bacalah doa di bawah ini :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ , أَللهُ أَكْبَرُ أَللهُ أَكْبَرُ أَللهُ أَكْبَرُ . سُبْحاَنَ الَّذِى سَخَّرَ لَناَ هَذاَ وَماَكُنَّا لَهُ مُقْرِيْنِيْنَ وَإِناَّ إِلىَ رَبِّناَ لَمُنْقَلِبُوْنَ . أَللَّــهُمَّ إِناَّ نَسْأَلُكَ فىِ سَفَرِناَ هَذاَ البِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ العَمَلِ ماَتَرْضَى . أَللَّـهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْناَ سَفَرَناَ هَذاَ وَاطْوِ عَناَّ بُعْدَهُ . أَللَّـهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فىِ السَّفَرِ وَالخَلِيْفَةُ فىِ الأَهْلِ . أَللَّـهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثاَءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ المَنْظَرِ وَسُوْءِ المُنْقَلَبِ فىِ الماَلِ وَالأَهْلِ

 “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini padahal kami tiada kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya kami pasti kepada Tuhan, kami pasti akan kembali. Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dalam perjalanan kami ini kebaikan dan taqwa serta amal perbuatan yang Kau ridhai. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini dan dekatkan jauhnya. Ya Allah, Engkau adalah yang menyertai dalam bepergian dan pelindung terhadap keluarga yang ditinggalkan. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari kesukaran dalam bepergian, penampilan yang buruk, kepulangan yang menyusahkan dan hubungan dengan harta benda, keluarga.”

Ketika kita sudah sampai di tempat tujuan, maka bacalah doa di bawah ini :

أَللَّـهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهاَ وَخَيْرَ أَهْلِهاَ وَخَيْرَ ماَفِيْهاَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهاَ وَشَرِّ أَهْلِهاَ وَشَرِّ ماَفِيْهاَ

 “Ya Allah, saya mohon pada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Dan saya berlindung pada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

Sumber :
https://tatacaraumroh.net/info-umroh/doa-berangkat-umroh/
http://fimadani.com/doa-untuk-orang-berangkat-umroh/
http://rwptravel.com/doa-melepas-keberangkatan-umroh/

 
















Tag : Doa Umroh
Back To Top