Doa Untuk Orang Berangkat Umroh Haji


Umroh harus dilakukan di kota Mekah yang wilayahnya jauh dari Indonesia. Jadi sebelum berangkat untuk umroh biasanya orang yang akan berangkat, terlebih dahulu mengundang saudara dan tetangga kemudian mengadakan walimatus safar atau acara selamatan sebagai ungkapan rasa syukur dan doa. Pada acara ini biasanya dipanjatkan ucapan doa untuk mendoakan atau melepas keberangkatan orang yang akan pergi berangkat umroh dan haji agar diberi kelancaran dan kebaikan ketika beribadah di sana. Ada pula yang menyertakan acara taushiyah dan sedekah makanan tentunya.

Tapi terkadang, kita yang merupakan bagian dari tetangga atau keluarga yang akan menjalankan ibadah umroh, bingung dengan apa yang harus dikatakan saat berkesempatan bertemu dengan orang yang akan pergi umroh itu.

Oleh karenanya, saat ini Saya akan membagikan sedikit informasi tentang doa untuk orang yang berangkat umroh. Bagi anda yang bingung untuk mengatakan apa kepada orang yang akan umroh, saya sarankan untuk mengucapkan doa saja.

Adapun doa bagi orang-orang yang akan meninggalkan Umroh kepada mereka yang ditinggalkan adalah:

أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ

ASTAWDI’UKALLOOHA
Aku menitipkan kalian pada Allah

 الَّذِى لاَ تَضِيعُ وَدَائِعُهُ

ALLADZII LAA TADHII’U WA DAA-I’UHU
yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya

Sedangkan do’a orang yang ditinggalkan pada orang yang hendak pergi umroh adalah :

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ

ASTAWDI’ULLOOHA DIINAKA
Aku menitipkan agamamu

 وَأَمَانَتَكَ

 WA  AMAANATAKA
amanahmu

 وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

WA KHOWAATIIMA ‘AMALIK
dan perbuatan terakhirmu kepada Allah

Selain doa di atas, sebaiknya banyaklah berdoa buat saudara yang berangkat umroh. Waktu yang sangat baik untuk mendoakannya adalah setelah melakukan salat tahajud di sepertiga malam, sehabis shilat fardhu atau setelah sholat Jumat. Berdoalah agar mereka bisa melakukan semua ritual dengan baik dan benar sehingga perjalanan yang dilakukan tidak sia-sia. Di desaku, ada kebiasaan sembahyang bagi orang-orang yang beribadah umrah atau haji secara berjemaah dan biasanya dilakukan pada Kamis malam.

Kita harus mendoakan agar mereka selalu sehat dalam menjalankan ibadah, seelain mendoakan masalah lancarnya proses umroh dari A sampai Z. Udara di Tanah Suci sangat panas dan berdebu di siang hari. Mereka yang tidak kuat dengan situasi ini bisa sakit begitu saja.

Tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan doa yang dipinta kepada Sang Pencipta. Semua hal yang disertai dengan doa, maka akan diberikan kelancaran sehingga bisa berjalan dengan baik, termasuk ibadah umrah yang dilakukan di Tanah Suci. Dengan doa yang ditawarkan, mereka yang berada di tanah yang jauh di sana bisa melakukan semua rangkaian ritual dengan lancar dan kembali ke rumahnya dengan selamat.

Itulah ucapan doa untuk orang yang berangkat umroh atau ucapan mohon doa restu berangkat umroh dalam bentuk doa. Nantikan artikel lainnya tentang :
- ucapan untuk orang berangkat umroh
doa untuk orang berangkat haji
- doa mengantar berangkat umroh
- ucapan umroh mabrur
- ucapan doa untuk orang pergi berangkat haji
- doa melepas orang pergi haji atau umroh

Sumber :

 
















Tag : Doa Umroh
Back To Top