Biaya Umroh 2020 Lamongan


Biaya umroh 2020 Lamongan itu sangat bervariasi, terdapat bermacam variabel yang mempengaruhi. Jika Anda punya rencana umroh pada tahun 2020, dengan demikian perlu mengetahui dahulu berapa biaya terkecil untuk umroh yang diseetujui oleh pemerintah kita.

Ayo kita simak penentu maupun komponenen yang mempengaruhi biaya umroh 2020. Penentu yang mempengaruhi anggaran umroh 2020 ialah sebaga berikut:

1. Ongkos Handling di Lapangan Terbang 
Biaya handling umroh yang Kami maksud disini yakni biaya yang mesti disiapkan oleh biro travel buat menghandle jamaah ketika berada di lapangan terbang sebelum keberangkatan serta setelah kedatangan, misalnya ongkos porter, biaya snack maupun makanan di bandara serta ongkos operasional check in. Biaya ini tak berlaku buat umroh mandiri maupun umroh yang tidak memberikan layanan handling bandara.

2. Ongkos Tiket Pesawat 
Tiket pesawat buat umroh amat berlainan. Berikut ini adalah perkiraan biaya tiket dari lapangan terbang di Nusantara ke Jeddah (PP) melalui maskapai Garuda.
Jakarta - Jeddah : start dari Rp. 16 juta sampai Rp. 22 juta.
Surabaya - Jeddah : start dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Makassar - Jeddah : mulai dari Rp. 23 juta - Rp. 30 juta.
Balikpapan - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Bali - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Aceh - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 30 juta.
Bandung - Jeddah : mulai dari Rp. 25 juta sampai Rp. 32 juta.
Banjarmasin - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta sampai Rp. 32 juta.
Batam - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Bengkulu - Jeddah : start dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Yogyakarta - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Lampung - Jeddah : start dari Rp. 20 juta sampai Rp. 27 juta.
Lombok - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta sampai Rp. 30 juta.
Medan - Jeddah : mulai dari Rp. 23 juta
Pasertag - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Palembang - Jeddah : start dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.
Pekanbaru - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Pontianak - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Semarang - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.

3. Anggaran Visa Umroh
Visa umroh tarifnya masih seragam, dikisaran 35-45 USD setiap visa maupun kurang lebih 500 ribuan sampai 600 ribuan dalam rupiah.

4. Transportasi Darat di Arab Saudi
Anggaran carter bis pariwisata di Arab Saudi bervariasi dari segi banyak kursi. Untuk bus yang seatnya buat 20 orang, standarnya 2.500 Real. Buat bus yang punya kapasitas 50 orang, standarnya punya harga kontrak 3700 Real.

Ini berlaku untuk kontrak dengan arah Jeddah - Madinah, lawatan Madinah, Madinah - Mekkah, kunjungan Mekkah dan Mekkah - Jeddah. Tetapi kalau biro travel menfasilitas jamaah buat rute lain, umpamanya ke Thaif dan Hidaibiyah, maka ongkosnya bisa lebih dari itu.

5. Biaya Penginapan Madinah
Hotel di Madinah pula amat bervariasi tarifnya berdasarakn kelas maupun bintangnya. Buat bintang 3, biaya carter tiap malam mulai 200 SR. Adapun untuk bintang 4 di kisaran 300 SR per malam. Dan buat bintang 5 mulai 500 SR per malam.

6. Anggaran Hotel di Mekkah
Untuk hotel di Mekkah terdapat faktor yang amat mempengaruhi harganya yaitu jarak ke Masjid Haram serta bintangnya. Lebih dekat dengan Masjid Haram, lebih mahal juga biaya kontraknya. Misalnya untuk motel bintang yang jaraknya 100-200 meter dari Masjid Haram, sewanya bisa mencapai 400 real per malam. Adapun penginapan bintang 3 yang jaraknya 300 – 400 meter secara umum 250 SR  setiap malam.

Buat hotel bintang 5 di Mekkah yang posisinya kurang lebih 10 meter hingga 100 meter dari Masjid Haram, anggarannya mulai 650 SR. Sedangkan motel bintang 5 yang jaraknya kurang lebih 1 km secara umum makin murah.

Sampel sampel di atas yakni biaya carter hotel buat sekamar ber-empat setiap malam. Jadi untuk ongkos sewa perorangnya tinggal dibagi 4.

7. Ongkos Makan
Ada berbagai variasi makanan catering maupun restoran di Madinah dan Mekkah, start dari harga 30 real sampai 250 real setiap tiga kali makan yaitu sarapan, lunch dan dinner dalam sehari.

8. Program Lawatan
Jadwal kunjungan yang umum ketika umroh ialah di Madinah, Jeddah serta Mekkah. Bagi biro perjalanan yang menfasilitasi ziarah sampai ke Thaif fan Hudaibiyah, secara umum harga paket umrohnya kian tinggi dibanding yang mengadakan lawatan umum saja.

9. Tour Leader Maupun Pembimbing Ibadah
Setiap grup  umroh wajib ada tour leader maupun pembing ibadah. Idealnya, bagi 20 jamaah ada seorang tour leader, 45 jamaah ada 2 tour leader maupun pembimbing ibadah.

10. Kelengkapan Umrah
Di Indonesia, biasanya travel memakai 2 pola penjualan paket umroh, yaitu paket umroh tanpa perlengkapan dan paket umroh beserta perlengkapan. Satu set peralatan umroh secara umum di kisaran Rp. 700.000 – 1.500.000 yang meliputi koper, tas troli, tas paspor, pakain ihram, mukena, bergo, syal, buku doa dan panduan serta kain batik seragam.

11. Lamanya Hari Umroh
Umumnya travel di Nusantara membuat 4 rencana umroh yaitu:
- 9 hari, secara umum 3 hari di Madinah serta 4 hari di Mekkah
- 12 hari, standarnya 4 hari di Madinah serta 6 hari di Mekkah
- 14 hari, secara umum 5 hari di Madinah serta 7 hari di Mekkah
- 30 hari untuk Ramadhan

Lebih lama jumlah harinya, dengan demikian kian besar pula ongkosnya. Begitupun sebaliknya kalau jumlah harinya singkat, maka biayanya makin murah.

12. Kota Kepergian
Kota kepergian yang dimaksud disini ialah bandara asal kepergian jamaah. Contohnya umroh start Jakarta, umroh mulai Makassar, umroh mulai Pekanbaru, umroh start Surbaya dll.

Demikianlah beberapa variabel maupun komponen yang sangat mempengaruhi ongkos umroh termasuk biaya umroh 2020 Lamongan. Dengan mengetahui komponen di atas, tentunya seorang calon jamaah umroh tidak mesti lagi bingung dengan ongkos umroh yang bervariasi. 

Intinya, setiap tarif terdapat fasilitas dan layanan. Lebih sip maupun semakin bagus falisilas dan layanannya, tentunya lebih tinggi juga anggaran umrohnya. Kalau tujunnya murni buat ibadah, tentunya Saya sarankan sebaiknya jamaah memilih rencana yang harinya lebih lama umpamanya 12 hari maupun 14 hari buat umroh di luar Ramadhan. 

Jangan terlalu fokus pada kelas motelnya, sebab peserta umroh bakal makin sering beribadah di Masjid Nabawi dan Masjid Haram serta melaksanakan kegiatan lawatan di Madinah serta Mekkah.

 
















Tag : biaya umroh 2020
Back To Top