Biaya Umroh 2020 Fatimah Zahra


Biaya umroh 2020 Fatimah Zahra itu amat bervariasi, ada banyak penentu yang mempengaruhi. Kalau Sobat merencanakan umroh pada tahun 2020, dengan demikian perlu mengetahui dahulu berapa ongkos terkecil untuk umroh yang diseetujui oleh pemerintah kita.

Mari kita simak faktor atau komponenen yang mempengaruhi biaya umroh 2020. Penentu yang mempengaruhi ongkos umroh 2020 yakni sebaga berikut:

1. Biaya Handling di Bandara 
Anggaran handling umroh yang dimaksud disini adalah anggaran yang mesti disiapkan oleh biro travel buat menghandle peserta pada saat berada di bandara sebelum keberangkatan dan sesudah kedatangan, umpamanya biaya porter, ongkos snack atau makanan di bandara dan biaya operasional check in. Ongkos ini tidak berlaku buat umroh mandiri atau umroh yang tak ngasih layanan handling bandara.

2. Anggaran Tiket Pesawat 
Tiket pesawat untuk umroh amat berlainan. Berikut ini ialah perkiraan anggaran tiket dari bandara di Indonesia ke Jeddah (PP) dengan maskapai Garuda.
Jakarta - Jeddah : start dari Rp. 16 juta sampai Rp. 22 juta.
Surabaya - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Makassar - Jeddah : mulai dari Rp. 23 juta - Rp. 30 juta.
Balikpapan - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Bali - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Aceh - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 30 juta.
Bandung - Jeddah : start dari Rp. 25 juta sampai Rp. 32 juta.
Banjarmasin - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta hingga Rp. 32 juta.
Batam - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Bengkulu - Jeddah : start dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Yogyakarta - Jeddah : start dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.
Lampung - Jeddah : mulai dari Rp. 20 juta sampai Rp. 27 juta.
Lombok - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 30 juta.
Medan - Jeddah : start dari Rp. 23 juta
Pasertag - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Palembang - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Pekanbaru - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Pontianak - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Semarang - Jeddah : start dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.

3. Ongkos Visa Umroh
Visa umroh tarifnya masih seragam, dikisaran 35-45 USD setiap visa maupun kurang lebih 500 ribuan hingga 600 ribuan dalam rupiah.

4. Transportasi Darat di Arab Saudi
Biaya kontrak bus pariwisata di Arab Saudi bervariasi dari segi banyak kursi. Buat bus yang kursinya buat 20 orang, umumnya 2.500 Real. Untuk bis dengan kapasitas 50 orang, biasanya punya harga sewa 3700 Real.

Ini berlaku buat kontrak melalui jalur Jeddah - Madinah, lawatan Madinah, Madinah - Mekkah, ziarah Mekkah serta Mekkah - Jeddah. Tetapi kalau biro perjalanan menfasilitas peserta buat jalur lain, misalnya ke Thaif dan Hidaibiyah, tentunya anggarannya bisa lebih dari itu.

5. Anggaran Penginapan Madinah
Motel di Madinah juga amat bervariasi tarifnya berdasarakn kelas atau bintangnya. Untuk bintang 3, biaya carter tiap malam mulai 200 SR. Adapun untuk bintang 4 di kisaran 300 SR per malam. Dan untuk bintang 5 mulai 500 SR setiap malam.

6. Anggaran Penginapan di Mekkah
Buat penginapan di Mekkah terdapat faktor yang amat mempengaruhi tarifnya yakni jarak ke Masjid Haram dan bintangnya. Semakin dekat dengan Masjid Haram, lebih mahal pula ongkos sewanya. Misalnya untuk penginapan bintang yang jaraknya 100-200 meter dari Masjid Haram, sewanya bisa mencapai 400 real tiap malam. Adapun motel bintang 3 yang jaraknya 300 – 400 meter secara umum 250 SR  tiap malam.

Buat hotel bintang 5 di Mekkah yang posisinya kurang lebih 10 meter hingga 100 meter dari Masjid Haram, ongkosnya start 650 SR. Sementara motel bintang 5 yang jaraknya kurang lebih 1 km biasanya lebih murah.

Sampel sampel di atas adalah biaya carter penginapan untuk sekamar ber-empat tiap malam. Jadi untuk anggaran carter perorangnya tinggal dibagi 4.

7. Ongkos Makan
Ada berbagai variasi makanan catering maupun restoran di Madinah dan Mekkah, mulai dari tarif 30 real hingga 250 real tiap tiga kali makan yakni maka pagi, lunch dan dinner dalam sehari.

8. Rencana Lawatan
Program lawatan yang umum saat umroh ialah di Madinah, Jeddah serta Mekkah. Bagi biro perjalanan yang menfasilitasi kunjungan hingga ke Thaif fan Hudaibiyah, biasanya harga paket umrohnya makin besar dibanding yang melakukan kunjungan umum saja.

9. Tour Leader Maupun Pembimbing Ibadah
Setiap grup  umroh wajib ada tour leader maupun pembing ibadah. Idealnya, bagi 20 peserta terdapat seorang tour leader, 45 jamaah ada 2 tour leader atau pembimbing ibadah.

10. Peralatan Umrah
Di Nusantara, biasanya perjalanan memakai 2 pola penjualan paket umroh, yaitu paket umroh tanpa perlengkapan dan paket umroh beserta perlengkapan. Satu set perlengkapan umroh biasanya di kisaran Rp. 700.000 – 1.500.000 yang meliputi koper, tas troli, tas paspor, pakain ihram, mukena, bergo, syal, buku doa dan panduan serta kain batik seragam.

11. Lamanya Hari Umroh
Umumnya travel di Nusantara membuat 4 program umroh yakni:
- 9 hari, standarnya 3 hari di Madinah serta 4 hari di Mekkah
- 12 hari, standarnya 4 hari di Madinah dan 6 hari di Mekkah
- 14 hari, standarnya 5 hari di Madinah serta 7 hari di Mekkah
- 30 hari buat Ramadhan

Lebih lama banyak harinya, tentunya lebih besar juga ongkosnya. Begitupun sebaliknya jika banyak harinya singkat, tentunya biayanya makin murah.

12. Kota Kepergian
Kota kepergian yang dimaksud disini ialah lapangan terbang asal kepergian jamaah. Contohnya umroh start Jakarta, umroh start Makassar, umroh mulai Pekanbaru, umroh mulai Surbaya dll.

Demikianlah beberapa faktor maupun komponen yang amat mempengaruhi ongkos umroh termasuk biaya umroh 2020 Fatimah Zahra. Dengan mengetahui komponen di atas, tentunya seorang calon jamaah umroh tidak perlu lagi bingung pada ongkos umroh yang berlainan. 

Intinya, setiap harga terdapat fasilitas dan layanan. Semakin sip maupun kian bagus falisilas serta layanannya, dengan demikian semakin tinggi pula ongkos umrohnya. Jika tujunnya murni untuk ibadah, tentunya Saya sarankan sebaiknya peserta memilih rencana yang harinya lebih lama contohnya 12 hari maupun 14 hari untuk umroh di luar Ramadhan. 

Jangan terlalu fokus pada kelas hotelnya, karena jamaah umroh akan lebih banyak beribadah di Masjid Nabawi serta Masjid Haram serta melakukan kegiatan kunjungan di Madinah dan Mekkah.

 
















Tag : biaya umroh 2020
Back To Top