Biaya Umroh 2020 Purwakarta


Biaya umroh 2020 Purwakarta itu sangat beragam, ada banyak variabel yang mempengaruhi. Kalau Agan merencanakan umroh pada tahun 2020, dengan demikian perlu mengetahui dulu berapa ongkos terkecil untuk umroh yang diseetujui oleh pemerintah kita.

Mari kita simak variabel maupun komponenen yang mempengaruhi biaya umroh 2020. Faktor yang mempengaruhi anggaran umroh 2020 adalah sebaga berikut:

1. Anggaran Handling di Lapangan Terbang 
Biaya handling umroh yang Kami maksud disini yakni anggaran yang diperlukan oleh biro perjalanan buat menangani peserta pada saat berada di bandara sebelum keberangkatan dan setelah kedatangan, umpamanya ongkos porter, anggaran snack maupun makanan di lapangan terbang serta anggaran operasional check in. Biaya ini nggak berlaku untuk umroh mandiri atau umroh yang nggak memberikan layanan handling bandara.

2. Biaya Tiket Pesawat 
Tiket pesawat buat umroh sangat berlainan. Berikut ini adalah perkiraan ongkos tiket dari lapangan terbang di Indonesia ke Jeddah (PP) dengan maskapai Garuda.
Jakarta - Jeddah : start dari Rp. 16 juta sampai Rp. 22 juta.
Surabaya - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Makassar - Jeddah : mulai dari Rp. 23 juta - Rp. 30 juta.
Balikpapan - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Bali - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Aceh - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 30 juta.
Bandung - Jeddah : mulai dari Rp. 25 juta sampai Rp. 32 juta.
Banjarmasin - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 32 juta.
Batam - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Bengkulu - Jeddah : start dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.
Yogyakarta - Jeddah : start dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.
Lampung - Jeddah : start dari Rp. 20 juta sampai Rp. 27 juta.
Lombok - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta sampai Rp. 30 juta.
Medan - Jeddah : mulai dari Rp. 23 juta
Pasertag - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Palembang - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Pekanbaru - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Pontianak - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Semarang - Jeddah : start dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.

3. Anggaran Visa Umroh
Visa umroh harganya masih seragam, dikisaran 35-45 USD per visa maupun sekitar 500 ribuan sampai 600 ribuan dalam rupiah.

4. Transportasi Darat di Arab Saudi
Biaya carter bis pariwisata di Arab Saudi beragam dari segi banyak kursi. Buat bis yang seatnya untuk 20 orang, secara umum 2.500 Real. Untuk bis yang punya kapasitas 50 orang, umumnya punya harga carter 3700 Real.

Ini berlaku untuk kontrak melalui jalur Jeddah - Madinah, ziarah Madinah, Madinah - Mekkah, ziarah Mekkah dan Mekkah - Jeddah. Tetapi kalau biro perjalanan menfasilitas peserta buat jalur lain, contohnya ke Thaif serta Hidaibiyah, tentunya biayanya bisa lebih dari itu.

5. Ongkos Penginapan Madinah
Motel di Madinah juga amat beragam harganya berdasarakn kelas maupun bintangnya. Untuk bintang 3, anggaran kontrak tiap malam mulai 200 SR. Sementara untuk bintang 4 di kisaran 300 SR tiap malam. Serta buat bintang 5 start 500 SR setiap malam.

6. Biaya Hotel di Mekkah
Untuk penginapan di Mekkah terdapat faktor yang sangat mempengaruhi harganya yaitu jarak ke Masjid Haram dan bintangnya. Semakin dekat dengan Masjid Haram, lebih mahal juga ongkos kontraknya. Contohnya buat penginapan bintang yang jaraknya 100-200 meter dari Masjid Haram, sewanya bisa mencapai 400 real tiap malam. Adapun hotel bintang 3 yang jaraknya 300 – 400 meter standarnya 250 SR  tiap malam.

Buat motel bintang 5 di Mekkah yang posisinya sekitar 10 meter hingga 100 meter dari Masjid Haram, anggarannya mulai 650 SR. Sementara penginapan bintang 5 yang jaraknya sekitar 1 km biasanya makin murah.

Contoh di atas ialah ongkos sewa hotel buat sekamar ber-empat tiap malam. Jadi untuk anggaran kontrak perorangnya tinggal dibagi 4.

7. Ongkos Makan
Ada berbagai variasi makanan catering atau rumah makan di Madinah dan Mekkah, start dari harga 30 real hingga 250 real per tiga kali makan yaitu maka pagi, makan siang serta makan malam dalam sehari.

8. Rencana Ziarah
Program ziarah yang umum pada waktu umroh adalah di Madinah, Jeddah dan Mekkah. Bagi biro perjalanan yang menfasilitasi ziarah hingga ke Thaif fan Hudaibiyah, biasanya tarif paket umrohnya kian mahal dibanding yang mengadakan ziarah umum saja.

9. Tour Leader Maupun Pembimbing Ibadah
Setiap grup  umroh harus mempunyai tour leader atau pembing ibadah. Idealnya, bagi 20 jamaah terdapat seorang tour leader, 45 jamaah terdapat 2 tour leader maupun pembimbing ibadah.

10. Kelengkapan Umrah
Di Nusantara, umumnya perjalanan memakai 2 pola penjualan paket umroh, yakni paket umroh tanpa perbekalan serta paket umroh beserta peralatan. Satu set kelengkapan umroh umumnya di kisaran Rp. 700.000 – 1.500.000 yang meliputi koper, tas troli, tas paspor, pakain ihram, mukena, bergo, syal, buku doa dan panduan serta kain batik seragam.

11. Lamanya Hari Umroh
Umumnya perjalanan di Indonesia membuat 4 jadwal umroh yaitu:
- 9 hari, biasanya 3 hari di Madinah serta 4 hari di Mekkah
- 12 hari, biasanya 4 hari di Madinah serta 6 hari di Mekkah
- 14 hari, biasanya 5 hari di Madinah dan 7 hari di Mekkah
- 30 hari untuk Ramadhan

Semakin lama banyak harinya, tentunya lebih tinggi juga anggarannya. Begitupun sebaliknya kalau jumlah harinya sebentar, maka biayanya kian murah.

12. Kota Keberangkatan
Kota kepergian yang dimaksud disini adalah bandara asal keberangkatan peserta. Misalnya umroh mulai Jakarta, umroh mulai Makassar, umroh start Pekanbaru, umroh mulai Surbaya dll.

Demikianlah sejumlah faktor atau komponen yang sangat mempengaruhi biaya umroh termasuk biaya umroh 2020 Purwakarta. Dengan mengetahui komponen di atas, maka seorang calon peserta umroh nggak perlu lagi bingung pada ongkos umroh yang bervariasi. 

Intinya, setiap tarif terdapat fasilitas serta layanan. Kian sip atau lebih bagus falisilas serta layanannya, dengan demikian kian tinggi pula ongkos umrohnya. Jika tujunnya asli buat ibadah, maka Saya sarankan sebaiknya peserta memilih jadwal yang harinya makin lama misalnya 12 hari maupun 14 hari buat umroh di luar Ramadhan. 

Nggak usah fokus pada kelas hotelnya, karena jamaah umroh bakal lebih sering beribadah di Masjid Nabawi dan Masjid Haram serta melakukan kegiatan kunjungan di Madinah dan Mekkah.

 
















Tag : biaya umroh 2020
Back To Top