Kegiatan Umroh 9 Hari


Mungkin sebagian calon jemaah umroh ada yang masih bingung mau apa kegiatan umroh 9 hari di Mekkah dan Madinah itu. Soalnya kan tiap travel itu ngasih waktu umroh bisa berbeza, ada yang 7 hari, 12 hari, 30 hari dan lain sebagainya. Bukankah umrohnya saja sebetulnya bisa dilakukan cuman sehari saja. Ngapain kita disana ?

Menurut Saya, inikah bisnis. Semakin lama jemaah umroh di sana, selain lebih banyak beribadah di sana, maka pihak travel pun akan mendapat keuntungan secara finansial. Mengapa ? Ah rasanya Saya tak perlu membahasnya di sini, sebab Saya hanya akan membahas kegiatan apa saja yang dilakukan oleh jemaah umroh selama 9 hari itu berdasarkan pengalaman Saya sendiri.

Setiap penyelenggara travel umroh mempunya jadwal dan kegiatan umroh yang berbeda-beda tergantung paket umroh itu sendiri. Misalnya saja :

Hari ke 1
Berangkat dari Jakarta menuju ke Jeddah yang dilanjutkan ke Madinah. Biasanya jamaah berkumpul di bandara 4 jam sebelum keberangkatan ke Jeddah. Dari Jeddah langsung menuju Madinah menggunakan bis dan menuju hotel untuk beristirahat.


Hari ke 2
Berada di Madinah, dengan berziarah ke Raudhah, Makam Nabi dan Baqi, Museum Asmaul Husna dan Masjid Ghamamah. Biasanya diadakan tausiah juga dan banyak beribadah di Mesjid Nabawi.


Hari ke 3
Masih di Madinah, melakukan ziarah di Kota Madinah mengunjungi Masjid Quba, Jabal Uhud, Makam Syaidina Hamzah, Qiblatain, Masjid Sab'ah, Kebun Kurma, Masjid Khandak dan Jabal Magnet dan manasik umroh untuk bersiap umroh esok hari.


Hari ke 4
Persiapan Check Out Hotel dan bersiap untuk Ihram dan berangkat Umroh ke Mekkah dengan mengambil Miqot di Bir Ali. Tiba di Mekkah melaksanakan Umroh (Tawaf, Sai dan Tahalul) yang akan dipandu dan dibimbing oleh pembimbing.


Hari ke 5
Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram dan tausiah.


Hari ke 6
Melakukan ziarah Kota Mekkah mengunjungi Jabal Tsur, Masjid Namirah, Arafah, Jabal Rahmah, Muzdalifah, Mina, Jabal Nur, Masjid Jin, Masjid Syajarah, Gua Hira, Ji'ronah untuk mengambil miqat melewati Makam Ma'la (Siti Khodijah RA) bagi yang melakukan umroh ke dua dan seterusnya, tergantung travelnya.


Hari ke 7
Memperbanyak Ibadah wajib dan sunnah di Masjidil Haram dan tausiah .

Hari ke 8
Tawaf Wada, Islah dan Check Out Hotel dan bersiap menuju ke kota Jeddah atau wisata dulu di  Mesjid Terapung, Laut Merah serta berbelanja. Selanjutnya siap 4 Jam sebelum keberangkatan berada di Bandara King Abdul Aziz - JEDDAH.


Hari ke 9
Tiba di Jakarta dan rombongan berpisah di bandara.

Itulah contoh kegiatan yang dilakukan jemaah umroh selama 9 hari. Mudah-mudahan kita bisa berangkat ke sana dan Saya sendiri sangat kangen ingin kembali menuju ke sana, kalau bisa minimal setahun sekali bisa berangkat umroh. Amin.

 
















Tag : kegiatan umroh, umroh 9 hari
Back To Top