Biaya Umroh 2020 Sukabumi


Biaya umroh 2020 Sukabumi itu sangat bervariasi, ada berbagai faktor yang mempengaruhi. Kalau Anda punya rencana umroh pada tahun 2020, maka perlu mengetahui dahulu berapa biaya minimal untuk umroh yang diseetujui oleh pemerintah Indonesia.

Mari kita simak penentu atau komponenen yang mempengaruhi anggaran umroh 2020. Variabel yang mempengaruhi biaya umroh 2020 ialah sebaga berikut:

1. Ongkos Handling di Bandara 
Biaya handling umroh yang dimaksud disini ialah ongkos yang mesti disiapkan oleh biro travel buat menangani jamaah pada saat berada di lapangan terbang sebelum keberangkatan dan setelah kedatangan, contohnya anggaran porter, biaya snack atau makanan di bandara serta anggaran operasional check in. Anggaran ini nggak berlaku buat umroh mandiri maupun umroh yang nggak ngasih layanan handling bandara.

2. Biaya Tiket Pesawat 
Tiket pesawat untuk umroh amat berlainan. Berikut ini adalah perkiraan ongkos tiket dari lapangan terbang di Indonesia ke Jeddah (PP) via maskapai Garuda.
Jakarta - Jeddah : start dari Rp. 16 juta sampai Rp. 22 juta.
Surabaya - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Makassar - Jeddah : start dari Rp. 23 juta - Rp. 30 juta.
Balikpapan - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Bali - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Aceh - Jeddah : start dari Rp. 22 juta hingga Rp. 30 juta.
Bandung - Jeddah : mulai dari Rp. 25 juta hingga Rp. 32 juta.
Banjarmasin - Jeddah : start dari Rp. 22 juta sampai Rp. 32 juta.
Batam - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Bengkulu - Jeddah : mulai dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.
Yogyakarta - Jeddah : start dari Rp. 21 juta sampai Rp. 28 juta.
Lampung - Jeddah : mulai dari Rp. 20 juta hingga Rp. 27 juta.
Lombok - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta sampai Rp. 30 juta.
Meserta - Jeddah : start dari Rp. 23 juta
Pasertag - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Palembang - Jeddah : start dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.
Pekanbaru - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta hingga Rp. 29 juta.
Pontianak - Jeddah : mulai dari Rp. 22 juta sampai Rp. 29 juta.
Semarang - Jeddah : start dari Rp. 21 juta hingga Rp. 28 juta.

3. Ongkos Visa Umroh
Visa umroh harganya masih seragam, dikisaran 35-45 USD tiap visa maupun kira-kira 500 ribuan hingga 600 ribuan dalam rupiah.

4. Transportasi Darat di Arab Saudi
Biaya carter bus pariwisata di Arab Saudi beragam dari segi banyak kursi. Buat bis yang seatnya untuk 20 orang, standarnya 2.500 Real. Buat bis yang punya kapasitas 50 orang, umumnya punya harga sewa 3700 Real.

Ini berlaku untuk kontrak melalui jalur Jeddah - Madinah, lawatan Madinah, Madinah - Mekkah, kunjungan Mekkah dan Mekkah - Jeddah. Namun jika biro travel menfasilitas jamaah untuk jalur lain, umpamanya ke Thaif serta Hidaibiyah, tentunya anggarannya bisa lebih dari itu.

5. Anggaran Motel Madinah
Hotel di Madinah pun amat beragam tarifnya berdasarakn kelas maupun bintangnya. Untuk bintang 3, biaya carter tiap malam start 200 SR. Sementara untuk bintang 4 di kisaran 300 SR per malam. Serta untuk bintang 5 mulai 500 SR per malam.

6. Anggaran Motel di Mekkah
Untuk motel di Mekkah terdapat faktor yang amat mempengaruhi tarifnya yakni jarak ke Masjid Haram serta bintangnya. Semakin dekat dengan Masjid Haram, lebih mahal juga biaya carternya. Contohnya buat penginapan bintang yang jaraknya 100-200 meter dari Masjid Haram, carternya bisa mencapai 400 real tiap malam. Adapun motel bintang 3 yang jaraknya 300 – 400 meter umumnya 250 SR  tiap malam.

Buat motel bintang 5 di Mekkah yang posisinya sekitar 10 meter sampai 100 meter dari Masjid Haram, anggarannya mulai 650 SR. Sedangkan motel bintang 5 yang jaraknya kira-kira 1 km standarnya makin murah.

Sampel sampel di atas ialah biaya kontrak hotel buat sekamar ber-empat tiap malam. Jadi buat biaya carter perorangnya tinggal dibagi 4.

7. Ongkos Makan
Ada banyak variasi makanan catering maupun restoran di Madinah serta Mekkah, mulai dari harga 30 real hingga 250 real tiap tiga kali makan yaitu maka pagi, makan siang serta dinner dalam sehari.

8. Rencana Kunjungan
Jadwal lawatan yang umum ketika umroh adalah di Madinah, Jeddah dan Mekkah. Bagi biro travel yang menfasilitasi kunjungan hingga ke Thaif fan Hudaibiyah, standarnya harga paket umrohnya makin mahal dibanding yang melakukan kunjungan umum saja.

9. Tour Leader Maupun Pembimbing Ibadah
Setiap grup  umroh wajib mempunyai tour leader atau pembing ibadah. Idealnya, untuk 20 peserta terdapat seorang tour leader, 45 jamaah ada 2 tour leader atau pembimbing ibadah.

10. Perbekalan Umrah
Di Nusantara, standarnya travel memakai 2 pola penjualan paket umroh, yakni paket umroh tanpa peralatan serta paket umroh dengan peralatan. Satu set peralatan umroh standarnya di kisaran Rp. 700.000 – 1.500.000 yang meliputi koper, tas troli, tas paspor, pakain ihram, mukena, bergo, syal, buku doa dan panduan serta kain batik seragam.

11. Lamanya Hari Umroh
Umumnya travel di Nusantara membuat 4 jadwal umroh yakni:
- 9 hari, secara umum 3 hari di Madinah dan 4 hari di Mekkah
- 12 hari, biasanya 4 hari di Madinah serta 6 hari di Mekkah
- 14 hari, standarnya 5 hari di Madinah serta 7 hari di Mekkah
- 30 hari untuk Ramadhan

Kian lama jumlah harinya, maka lebih mahal juga anggarannya. Begitupun sebaliknya kalau banyak harinya sebentar, dengan demikian ongkosnya kian murah.

12. Kota Keberangkatan
Kota kepergian yang dimaksud disini yakni bandara asal kepergian jamaah. Umpamanya umroh mulai Jakarta, umroh start Makassar, umroh mulai Pekanbaru, umroh start Surbaya dll.

Itulah sejumlah penentu atau komponen yang amat mempengaruhi ongkos umroh termasuk biaya umroh 2020 Sukabumi. Dengan mengetahui komponen di atas, tentunya seorang calon peserta umroh nggak perlu lagi bingung dengan ongkos umroh yang bervariasi. 

Intinya, setiap tarif ada fasilitas serta layanan. Semakin tinggi maupun lebih bagus falisilas dan layanannya, tentunya kian tinggi pula ongkos umrohnya. Jika tujunnya asli untuk ibadah, maka Saya sarankan sebaiknya jamaah memilih jadwal yang harinya lebih lama contohnya 12 hari atau 14 hari untuk umroh di luar Ramadhan. 

Tak perlu fokus pada kelas penginapannya, sebab peserta umroh akan kian banyak beribadah di Masjid Nabawi dan Masjid Haram serta melakukan kegiatan kunjungan di Madinah dan Mekkah.

 
















Tag : biaya umroh 2020
Back To Top