Persiapan Umroh


Bagaimana persiapan umroh yang mesti dilakukan agar umroh kita mabrur ? Untuk Anda yang dalam waktu dekat akan melakukan ibadah umroh, Anda tidak hanya dituntut untuk mempersiapkan fisik dan mental untuk ibadah total di sana.

Persiapan spiritual
Untuk persiapan ini, yang harus Anda lakukan adalah :

  • Meluruskan niat ibadah yang kudus untuk menyambut panggilan Allah taala. Niat ini akan menentukan amaliah yang akan dilakukan. Dengan niat yang tepat, semoga itu akan membantu dalam melakukan umrah yang kita lakukan dengan sempurna.
  • Bertobat untuk semua kesalahan yang telah dilakukan. Kita tentu saja sulit mengingat hal-hal yang telah dilakukan di masa lalu. Oleh karena itu, akan lebih baik, jika sebelum berangkat umroh, kita meminta minta maaf kepada ayah, ibu, keluarga dan tetangga dekat.
  • Belajar mengenal hukum agama khususnya sekitar ibadah umroh misalnya hal-hal yang dilarang selama umroh termasuk juga hal-hal yang berkaitan dengannya seperti sholat dalam perjalanan, cara tayamum, waktu sholat, bagaimana melakukan shalat sunnah dan adab sesama muslim.
  • Melunasi utang, mengembalikan barang pinjaman, termasuk juga mencari sumber dana halal yang akan digunakan untuk biaya umroh. Termasuk juga menyiapkan biaya untuk keluarga yang ditinggalkan, yang merupakan tanggung jawab kita.
  • Mempertahankan amal baik dan sunnah yang wajib, agar nantinya kita juga terbiasa menjaga praktek ibadah tersebut di tanah suci karena salah satu indikasi umroh yang mabrur adalah tidak meninggalkan kewajiban dan sunah.


Persiapan Fisik
Ibadah umroh termasuk ibadah yang tidak ringan terutama untuk orang tua. Karenanya harus ada beberapa persiapan mengenai persiapan fisik ini, diantaranya :

  • Lari kecil, berjalan kaki atau lakukan kegiatan olahraga lainnya setiap pagi untuk latihan kebugaran.
  • Biasakan mengonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Biasanya tubuh membutuhkan multivitamin agar tetap fit dan sehat selama kegiatan yang membutuhkan banyak energi.
  • Khusus untuk anak muda yang tentunya memiliki fisik yang lebih baik daripada orang tua, ada baiknya juga untuk membantu rekan lainnya yang telah berumur dalam beribadah umroh. Banyak peziarah khususnya orang tua yang memiliki pengetahuan terbatas dalam hal menggunakan lift dll. Semoga dengan membantu mereka akan membantu penyempurnaan ibadah umrah kita.
  • Berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan petunjuk kesehatan yang lebih sesuai untuk kondisi kita, termasuk obat-obatan yang perlu dibawa ke tanah suci.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan "kebutuhan" yang terasa sangat penting untuk mendukung kegiatan ibadah Anda di Tanah Suci yakni logistik.


Persiapan Logistik
Yang termasuk persiapan ini diantaranya adalah tas. Tas yang harus disiapkan antara lain tas kecil. Tas kecil ini berguna untuk meletakkan barang-barang penting dan berharga seperti paspor, dompet, ponsel dan benda penting lainnya menurut Anda.

Selain itu Anda juga mesti membawa tas tenteng. Tas ini sangat berguna untuk membawa peralatan ketika Anda ingin melakukan umroh. Di dalam tas tenteng, Anda bisa mengisinya dengan kain ihram, pakaian dalam, kaus kaki atau obat-obatan pribadi. Tas tangan ini juga bisa berfungsi untuk membawa pakaian kotor agar tidak bercampur dengan pakaian bersih

Anda juga harus membawa tas troli/koper utama. Tas ini berisi banyak kebutuhan yang akan Anda gunakan selama beberapa hari di Tanah Suci. Barang-barang besar seperti pakaian, peralatan mandi, dan sebagainya bisa Anda masukkan ke dalam tas troli.

Khusus jemaah umroh wanita, tentunya akan lebih banyak sekali barang bawaannya. Barang bawaan untuk wanita yang perlu dipesiapkan antara lain :
- baju yang nyaman, kondisikan dengan musim
- kerudung
- mukena
- pelembab/lotion
- peralatan mandi
- pakaian dalam
- pantyliner
- kaos kaki
- masker
- kacamata hitam/payung
- obat-obatan dan lainnya

Untuk kelengkapan lainnya, Anda bisa lihat-lihat di toko perlengkapan umroh. Tentunya di sana lebih lengkap dan mengerti kebutuhan yang diperlukan selama  umroh termasuk juga oleh-oleh umroh. Apabila Anda susah berbelanja dari Arab karena kuota berat barang bawaan di bagasi dibatasi oleh pihak penerbangan, maka berbelanja di toko oleh-oleh Umroh di Indonesia juga tak masalah, sebab produknya tetap asli dari sana, cuman mungkin harga agak mahalan.

Demikianlah hal yang harus diketahui seputar persiapan umroh khususnya bagi Anda yang pertama kali berangkat umroh. Semoga dengan info ini Anda menjadi tahu persiapan/perlengkapan umroh apa saja yang harus dibawa untuk pria, wanita, anak, baik itu yang 9 hari, 15 hari atau lebih, baik itu di musim panas atau saat musim dingin. Silahkan Anda googling saja mencart toko online yang jual perlengkapan umroh semisal sepatu umroh wanita.

Sumber :
http://esqtours.com/persiapan-berangkat-umroh-inilah-3-hal-yang-harus-di-persiapkan/

 
















Tag : persiapan umroh
Back To Top